KKP Usulkan Tambahan Bantuan Stimulus Sektor Kelautan dan Perikanan ke Sri Mulyani

Senin, 27 Juli 2020 - 22:24 WIB
loading...
KKP Usulkan Tambahan Bantuan Stimulus Sektor Kelautan dan Perikanan ke Sri Mulyani
Kepala PPN Pengambengan Andi Mannojengi, mengatakan KKP terus mengawal dan bekerjasama dengan Kementerian Sosial agar bantuan sosial yang sedang disiapkan pemerintah benar-benar sampai ke masyarakat perikanan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kepala PPN Pengambengan Andi Mannojengi, mengatakan KKP terus mengawal dan bekerjasama dengan Kementerian Sosial agar bantuan sosial yang sedang disiapkan pemerintah benar-benar sampai ke masyarakat perikanan.

"KKP juga sudah mengusulkan kepada Kemenko Perekonomian dan Kementerian Keuangan untuk menambah bantuan stimulus usaha sektor kelautan dan perikanan," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/7/2020).

(Baca Juga: KKP Segera Bangun Model Klaster Tambak Udang Nasional di Aceh Timur )

Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap bersama anggota Komisi IV DPR RI menyerahkan bantuan untuk nelayan Nusa Tenggara Timur (NTT) terdampak Covid-19. Bantuan tersebut berupa 1.000 paket sembako berisi beras, minyak goreng, ikan sarden, mie instan, gula pasir serta alat perlindungan diri berupa masker dan hand sanitizer.

Lebih lanjjt, Andi juga meminta agar para nelayan tetap optimis menghadapi masa sulit ini. Penerapan protokol kesehatan yang ketat menjadi penting dalam melakukan aktivitas penangkapan ikan.

"Mohon selalu menerapkan aturan kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak aman dan melaksanakan kebiasaan mencuci tangan. Jangan lupa juga untuk meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan untuk kebaikan kita bersama. Baik di rumah, di atas kapal perikanan, di pelabuhan perikanan dan tempat lainnya," ungkap dia.

Andi juga mengingatkan agar para nelayan melakukan pengecekan suhu tubuh secara berkala. Apabila mengalami gejala sakit agar segera berkoordinasi dengan pelabuhan perikanan dan pemerintah daerah setempat.

(Baca Juga: BNI Dukung KKP Sinergikan Nelayan dan Pelaku Usaha dengan Platform Digital )

"Di atas kapal bisa sediakan obat-obatan dan vitamin. Barangkali ketika belum terbiasa semua ini kita anggap merepotkan. Tetapi setelah terbiasa, yakinlah bahwa langkah-langkah pencegahan ini justru sangat kita butuhkan dan membuat aktivitas bekerja kita pun semakin nyaman," tandas dia.

Anggota Komisi IV DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat menambahkan pemerintah ingin roda ekonomi terus berjalan. Untuk itu, pemerintah percaya bahwa para nelayan dapat menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

"Saya yakin bapak-bapak sekalian dapat menerapkan aturan kesehatan yang berlaku saat ini. Saya percaya bahwa yang apa yang bapak-bapak lakukan hingga saat ini turut berkontribusi terhadap perekonomian nasional," pungkas dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2655 seconds (0.1#10.140)