Dolar Tergelincir, Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat ke Rp14.997

Selasa, 18 Juli 2023 - 16:25 WIB
loading...
Dolar Tergelincir, Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat ke Rp14.997
Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kembali ditutup menguat pada perdagangan Selasa (18/7/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) kembali ditutup menguat pada perdagangan Selasa (18/7/2023), naik 16 poin di level Rp14.997 dari penutupan sebelumnya di Rp15.012.

Pengamat Pasar Uang Ibrahim Assuaibi mengatakan pergerakan dolar tergelincir lebih rendah hari ini mendekati level terendah lebih dari satu tahun karena para pedagang semakin mempertimbangkan untuk segera mengakhiri siklus pengetatan Federal Reserve.

"Bank sentral AS secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga sekali lagi ketika bertemu minggu depan, tetapi pasar fokus pada akhir siklus pengetatan FOMC setelah harga konsumen AS mencatat kenaikan tahunan terkecil mereka dalam lebih dari dua tahun minggu lalu," tulis Ibrahim dalam risetnya, Selasa (18/7/2023).



Selain itu, pasar sekarang menunggu rilis data penjualan ritel dan produksi industri AS, yang akan dirilis hari ini, untuk petunjuk lebih lanjut tentang kesehatan ekonomi terbesar dunia, dan potensi jalur suku bunga.

Pembacaan penjualan ritel untuk bulan Juni diperkirakan telah meningkat dari bulan sebelumnya, sementara pertumbuhan produksi industri juga diperkirakan akan meningkat pada bulan Juni, menunjukkan ketahanan ekonomi AS.

"Meskipun demikian, masih bisa diperdebatkan apakah angka-angka ini akan mengubah sentimen pasar mengingat harga konsumen dan produsen yang lemah minggu lalu," kata Ibrahim.

Baik Bank Sentral Eropa dan Bank Inggris secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuan masing-masing lagi pada pertemuan berikutnya, dan sepertinya tidak akan menghentikan siklus pengetatan mereka di sana.

Inggris akan merilis data inflasi Juni pada hari Rabu, dan sementara indeks harga konsumen utama diperkirakan turun menjadi 8,2% tahun-ke-tahun dari 8,7% pada bulan Mei, itu masih empat kali lebih tinggi dari tingkat target inflasi BOE.

Demikian pula, tingkat inflasi di Jerman, ekonomi terbesar di euro, naik pada bulan Juni menjadi 6,8% pada tahun itu, ketika diselaraskan dengan negara-negara Uni Eropa lainnya. Dari sisi domestik, Bank Indonesia (BI) melaporkan Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Mei 2023 turun USD4,7 miliar dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)