India Bahas Rencana Setop Ekspor Beras, Harga Pangan Dunia Diprediksi Melejit

Rabu, 19 Juli 2023 - 17:43 WIB
loading...
India Bahas Rencana Setop Ekspor Beras, Harga Pangan Dunia Diprediksi Melejit
India, sebagai pengekspor beras terbesar di dunia, sedang mempertimbangkan untuk melarang ekspor sebagian besar varietas beras yang diyakini bakal berdampak terhadap harga pangan dunia. Foto/Dok Reuters
A A A
JAKARTA - India , sebagai pengekspor beras terbesar di dunia, sedang mempertimbangkan untuk melarang ekspor sebagian besar varietas beras. Pegiat Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) dan Komite Pendayagunaan Pertanian (KPP), Khudori mengatakan rencana kebijakan India yang bakal menyetop ekpor beras akan berdampak buruk terhadap harga pangan dunia .



Pasalnya menurut Khudori, India merupakan penyuplai beras terbesar di Dunia dengan menyuplai 40% kebutuhan beras dunia. Sehingga ketika kebijakan larangan ekspor beras diberlakukan, maka ada ancaman fluktuasi harga pangan di Dunia.

"India itu eksportir terbesar dunia, proporsinya sekira 40% dari beras yang diperdagangkan di pasar dunia. Kalau India membatasi ekspor, bahkan menutup, pasar pasti akan goncang, harganya pasti akan sangat-sangat tinggi," ujar Khudori saat dihubungi MNC Portal, Rabu (19/7/2023).



Menurut Khudori saat ini ancaman iklim seperti kehadiran El-Nino akan mempengaruhi produktivitas pertanian di seluruh dunia. Karena musim kemarau panjang akan mempengaruhi musim tanam dan musim panen. Bahkan juga bisa berdampak pada gagal panen.

Sehingga ketika produktivitas pertanian di India ini terpengaruh dari adanya penurunan produktivitas dari adanya El-Nino, maka otomatis surplus beras di India bakal menipis. Selain itu para produsen beras di negara lain juga berpotensi untuk menurunkan volume ekspornya, karena harus memenuhi kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu.

"Kalau India melakukan pembatasan, maka otomatis eksportir lain akan melakukan pembatasan, jadi tidak mudah mendapatkan beras, terbukti tahun lalu ketika Bulog diberikan izin impor 500 ribu ton, kan eksekusi tidak mudah, baru terealisasi setidaknya sampai Maret 2023," sambung Khudori.

Kemudian ketika stok beras pemerintah menipis, maka otomatis pemerintah tidak bisa membanjiri beras ke pasar dan melakukan intervensi terhadap fluktuasi harga beras di pasar masyarakat dan akhirnya harga beras dipasar terancam tinggi.

"Tapi saya tidak yakin mereka (India) akan setop ekspor, kalau membatasi mungkin, karena surplus besar, ketika surplus besar mau dikemanakan, kan butuh pasar. Kalau dia membatasi, dan di ikuti negara lain, maka tidak bisa dihindari maka harga akan naik," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3131 seconds (0.1#10.140)