Tanggapi Kritikan Doyan Ngutang, Sri Mulyani: Anda Ketinggalan Kereta

Kamis, 20 Juli 2023 - 16:03 WIB
loading...
Tanggapi Kritikan Doyan Ngutang, Sri Mulyani: Anda Ketinggalan Kereta
Sri Mulyani respons kritikan terhadap dirinya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani menanggapi pandangan atau kritikan yang menyebut bahwa dirinya sebagai Menkeu suka 'ngutang'. Menurut Sri Mulyani, pandangan seperti itu sejatinya keliru.



"Jadi kalau di ruangan ini ada yang ngomong 'wah Bu Menkeu ini ngutang melulu', Anda sudah ketinggalan kereta jauh banget," ungkap Sri dalam IDE Conference 2023 di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Dia mengatakan bahwa saat ini semua sedang berbicara mengenai banyaknya pilihan instrumen dalam menghadapi tantangan yang makin kompleks. Kendati demikian, Sri menegaskan bahwa dia tidak ugal-ugalan dalam manajemen utang .

"Tidak berarti kita sloppy atau ugal-ugalan, karena itu kita hati-hati sekali," ungkap Sri.

Dia menyebut, bahwa selain menghadapi masalah demografi, Indonesia juga menghadapi tantangan perubahan iklim. Teknologi digital akan menjadi salah satu instrumen yang akan membentuk masa depan.

"Banyak sekali negara yang sudah invest di bidang digital technology, apalagi kalau sekarang dibahasnya itu artificial intelligence (AI). Ini adalah masa-masa awal dari exponential development dari teknologi digital," tambah Sri.

Ini juga akan memberikan konsekuensi yang luar biasa. Banyak mindset yang juga akan diubah karena adanya teknologi digital ini.



"Salah satu yang paling mudah contohnya adalah setelah pandemi, bagaimana sebuah shock itu shaping people behavior atau habit. Pandemi 3 tahun banyak orang yang kerja dari rumah, yang tadinya itu unthinkable, internet menjadi sangat penting, maka kita membangun satelit, BTS, terlepas dengan adanya masalah dengan itu," tandas Sri.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)