Di Sidang IMO, BKI Dukung Keselamatan Kapal Niaga Berbendera Indonesia

Jum'at, 21 Juli 2023 - 00:16 WIB
loading...
Di Sidang IMO, BKI Dukung Keselamatan Kapal Niaga Berbendera Indonesia
BKI mendukung keselamatan pelayaran khususnya bagi kapal-kapal niaga berbendera Indonesia dalam sidang International Maritime Organization (IMO) di London, Inggris. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai induk holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey mendukung keselamatan pelayaran khususnya bagi kapal-kapal niaga berbendera Indonesia. Hal itu disampaikan Direktur Utama IDSurvey Arisudono dalam sidang International Maritime Organization (IMO) di London, Inggris.

"Kehadiran kami di sidang IMO merupakan salah satu bentuk dukungan IDSurvey terhadap keselamatan pelayaran kapal niaga berbendera Indonesia. Terlebih lagi, IDSurvey merupakan pihak yang diberikan wewenang oleh pemerintah untuk melakukan survei serta sertifikasi berstandar internasional, bagi kapal-kapal berbendera Indonesia," kata Arisudono melalui siaran pers, Jumat (22/7/2023).



Beberapa bulan lalu, IDSurvey menggelar forum Port State Control (PSC) inspection awareness atau kajian terkait keamanan publik dalam upaya meningkatkan kualitas pelayaran Indonesia. Salah satu pembahasan dalam forum tersebut adalah upaya mencegah kapal-kapal niaga berbendera Indonesia terhindar dari penolakan (detensi) bersandar di negara lain.

Melalui PSC Inspection Awareness, kata dia, IDSurvey ingin mengajak para pemilik kapal niaga berbendera Indonesia untuk mengedukasi awak kapal mereka agar mengetahui serta memahami peraturan terkait bersandar di dermaga negara tujuan.

Terlebih, saat ini Indonesia telah masuk dalam whitelist atau daftar putih, berdasarkan laporan tahunan Port State Control Tokyo MOU untuk wilayah Asia-Pasifik 2022.

"Tentunya ada manfaat yang besar bagi kita apabila Indonesia berada di posisi whitelist seperti sekarang ini. Sebab dengan berada di posisi whitelist, maka akan mendukung peningkatan kinerja logistik nasional dan ekspor impor, sehingga menghadirkan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu, perlu kita pertahankan serta ditingkatkannya kualitas dan performa keselamatan dan juga keamanan kapal-kapal berbendera Indonesia," ucap Arisudono.

Sebagai informasi, IDSurvey memiliki aktivitas bisnis jasa survey yang meliputi Testing, Inspection, Certification (TIC), dan memiliki target menjadi perusahaan TIC Top 5 di Asia Pacific. Belum genap dua tahun, IDSurvey telah menunjukkan kinerja apik untuk sektor TIC, sehingga pada tahun 2022 IDSurvey mengalami peningkatan pencapaian dibanding tahun sebelumnya dengan berkontribusi dengan memberikan deviden kepada negara sebesar Rp127 miliar.



IDSurvey juga kembali dipercaya untuk pendelegasian kewengan survei dan sertifikasi statutoria terhadap kapal-kapal berbendera Indonesia oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. Sebagai informasi, saat ini pemerintah tengah meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim. Sebab itu, Indonesia bergabung dengan IMO yang dipimpin Arsenio Antonio Domingues Velasco dari Republik Panama terpilih sebagai Sekretaris Jenderal periode 1 Januari 2024 - 31 Desember 2028.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3690 seconds (0.1#10.140)