Diidamkan WNI, Singapura adalah Negeri Sempit tanpa Harta Karun tapi Kaya Raya

Sabtu, 22 Juli 2023 - 13:30 WIB
loading...
Diidamkan WNI, Singapura adalah Negeri Sempit tanpa Harta Karun tapi Kaya Raya
Singapura merupakan salah satu pusat bisnis dunia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Banyaknya WNI atau mahasiswa Indonesia yang menjadi warga Singapura memang tak lepas dari daya tarik Negeri Singa itu. Meski, luas wilayahnya sempit dan sedikit sumber daya alam, namun Singapura adalah negara yang paling tajir di ASEAN.



Singapura adalah negeri sedaun kelor. Luas negara ini hanya sekitar 722,5 km2, cuma lebih luas 62 km2 dibanding Jakarta. Meski punya lahan lebih luas, namun jumlah penduduknya kalah telak dibanding Jakarta.

Jumlah penduduk Singapura hanya 5,6 juta jiwa, sedangkan DKI lebih dari 10 juta jiwa. Malahan kalau siang hari, "jumlah penduduk" DKI bisa lebih banyak lagi, dengan masuknya para pekerja urban.

Sudah sempit, sebagian besar wilayah Singapura adalah dataran pantai dan rendah dengan bagian tengah terdapat perbukitan, seperti Bukit Mandai, Bukit Lanjang, Bukit Timah dan Bukit Kalang. Lantaran bentangan alam seperti di atas, menyebabkan harta karun atau jenis tambang dari Singapura hanya sedikit. Cadangan timah dan bijih besi yang dikandung di Singapura, jika ditambang, hasilnya tak akan mampu memenuhi kebutuhan.

Lagi pula, dengan luas yang kecil, tak memungkinan Pemerintah Singapura mengizinkan perusahaan mengeduk harta karun itu. Sudah merusak lingkungan, cakupan wilayah untuk penduduknya juga akan berkurang. Apalagi, Singapura sangat memerhatikan kelestarian lingkungan.

Beda dengan Indonesia, luas, banyak harta karun, dan rada tak peduli dengan lingkungan. Sepanjang bisa mendatangkan uang triliunan, pengedukan harta karun di Indonesia sah-sah saja dilakukan.

Meski sempit dan penduduknya sedikit, tanpa harta karun pula, namun Singapura adalah "raja" di kawasan ASEAN. Mengutip data Bank Dunia, PDB per kapita Singapura USD82.807 pada 2022. Bandingkan dengan Indonesia yang pendapatan per kapitanya hanya USD4.788. Pendapatan per kapita adalah pendapatan rata-rata semua penduduk di suatu negara.

Cadangan Devisa Singapura dilaporkan sebesar USD317,2 miliar pada Juni 2023. Sementara cadangan devisa Indonesia "cuman" USD137,5 miliar, tak sampai separuh Singapura. Lantas dari mana semua "kekayaan" Singapura itu berasal.

Tak lain dan tak bukan adalah letaknya yang strategis. Berada di lalu lintas perdagangan dunia, Singapura merupakan salah satu negara yang menjadi tempat singgah kapal-kapal perdagangan. Makanya, salah satu pelabuhan di negara itu menjadi yang terpadat di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)