Wall Street Pekan Ini Diprediksi Menguat, The Fed Kerek Suku Bunga Terakhir

Senin, 24 Juli 2023 - 07:11 WIB
loading...
Wall Street Pekan Ini Diprediksi Menguat, The Fed Kerek Suku Bunga Terakhir
Wall Street pekan ini diprediksi bakal diisi oleh reli saham AS. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wall Street pekan ini diprediksi bakal diisi oleh reli saham AS. Federal Reserve dikabarkan akan menaikkan suku bunga terakhir dari siklus pengetatan kebijakan moneter paling agresif dalam beberapa dekade.

Mengutip Reuters, banyak investor memperkirakan suku bunga lebih tinggi akan membawa resesi, yang selanjutnya akan merugikan saham setelah penurunan tajam tahun 2022. Namun sebaliknya, ekonomi AS terbukti tangguh bahkan ketika The Fed telah membuat kemajuan dalam pertarungan inflasinya sebuah skenario Goldilocks yang ideal yang diyakini banyak orang akan mendukung ekuitas. S&P 500 naik hampir 19% tahun ini dan ditutup pada hari Kamis di 4.534, hanya sekitar 6% di bawah level tertinggi sepanjang masa yang dicapai pada Januari 2022.



Sementara, investor secara luas mengantisipasi bank sentral akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada pertemuan 26 Juli, banyak juga yang berharap tanda-tanda bahwa pembuat kebijakan lebih percaya diri inflasi akan terus mendingin, menghilangkan kebutuhan Fed untuk menaikkan biaya pinjaman lebih jauh dan mendukung tesis yang telah membantu menopang saham dalam beberapa pekan terakhir.

"Sebagian besar pasar masih didorong oleh makro dan inflasi masih berada di kursi pengemudi. Apa yang Fed lakukan dan katakan minggu depan akan sangat penting," kata Cliff Corso, kepala investasi di Advisors Asset Management.

Ekspektasi latar belakang ekonomi makro yang jinak dan berakhirnya pengetatan Fed telah mendorong beberapa analis untuk merevisi pandangan tentang seberapa tinggi saham akan naik tahun ini. Jonathan Golub dari Credit Suisse pada hari Selasa menaikkan target akhir tahunnya pada S&P 500 menjadi 4.700 dari 4.050, mengutip prospek ekonomi yang lebih kuat dan ekspektasi pendapatan layanan teknologi dan komunikasi yang kuat.

Fundstrat Global Advisors Tom Lee menaikkan target akhir tahunnya menjadi 4.825 awal bulan ini, sementara Ed Yardeni dari Yardeni Research melihat S&P 500 di 5.400 dalam 18 bulan ke depan. Sementara itu, ukuran yang dilacak oleh National Association of Active Investment Managers menunjukkan eksposur pemetik saham terhadap ekuitas tertinggi sejak November 2021, beberapa bulan sebelum Fed memulai siklus kenaikan suku bunga.

"Investor bearish harus menyerah," kata Liz Ann Sonders, kepala strategi investasi di Charles Schwab. "Kami melihat latar belakang fundamental dari inflasi yang lebih rendah, data ekonomi yang tangguh, kepercayaan konsumen yang lebih baik, dan dolar yang jatuh yang merupakan resep bagus untuk keuntungan."

Eric Freedman, kepala investasi di Bank Wealth Management AS, telah meningkatkan kepemilikan sahamnya dalam beberapa bulan terakhir dan tumbuh lebih bullish di sektor teknologi untuk mengantisipasi pendapatan perusahaan akan meningkat karena perekonomian tetap tangguh.

"Konsumen telah dibantu oleh pasar pekerjaan yang ketat dan beberapa kenaikan upah riil yang solid, dan pada saat yang sama kami melihat beberapa kemajuan nyata di depan inflasi," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)