Gurita Bisnis Fuad Hasan Masyhur, Mertua Dito Ariotedjo yang Tajir Melintir

Rabu, 26 Juli 2023 - 10:16 WIB
loading...
Gurita Bisnis Fuad Hasan Masyhur, Mertua Dito Ariotedjo yang Tajir Melintir
Fuad Hasan Masyhur, mertua Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. FOTO/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Fuad Hasan Masyhur mertua Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo turut menjadi perbincangan setelah diketahui memberikan uang hadiah senilai Rp162 miliar.

Uang miliaran tersebut sempat heboh dikaitkan dengan Kasus dugaan korupsi BTS Menkominfo meskipun pada akhirnya kabar tersebut diklarifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK menyebutkan ada kesalahan LHKPN yang dilaporkan oleh Dito.



Berdasarkan laporan LHKPN 2022, Dito melaporkan empat rumah dan satu mobil senilai Rp162 miliar sebagai hadiah dari orang tua. Dalam laporan LHKPN per 12 Juli 2023 harta kekayaan Dito mencapai Rp282 miliar.

Adapun sebagian besar kekayaan itu berasal dari aset yang diberikan Fuad Hasan Masyhur ayah dari istri Dito, Niena Kirana Riskyana. Fuad diketahui merupakan pengusaha yang juga sebagai politisi senior Partai Golongan Karya (Golkar).

Fuad merupakan pemilik PT Maktour Bangun Persada bergerak di bidang biro jasa umrah dan haji. Perusahaan tersebut berdiri sejak 1986 saat Fuad masih berusia sekitar 20 tahun.



Berdasarkan catatan, Fuad menjabat sebagai presiden komisaris PT Kayu Meridian. Tidak hanya itu, Fuad juga mendirikan PT Trinunggal Kharisma dan menjabat sebagai presiden komisaris pada 1990. Ini adalah perusahaan induk dari tiga lini bisnis energi, properti, dan perkebunan.

Teranyar, Fuad juga memiliki mayoritas saham emiten sawit Menthobi Karyatama Raya (MKTR). Perusahaan ini baru melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun lalu dengan penggalangan dana Rp300 miliar. Sebagai pengendali, Fuad mengantongi 68,97% saham dan Maktour Bangun Persada memiliki 7,82% saham.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6025 seconds (0.1#10.140)