Dilobi Ganjar, PT Djarum dan PT Gudang Garam Siap Beli Tembakau Petani Temanggung

Kamis, 27 Juli 2023 - 21:40 WIB
loading...
Dilobi Ganjar, PT Djarum dan PT Gudang Garam Siap Beli Tembakau Petani Temanggung
Ganjar Pranowo lobi pabrik rokok untuk beli tembakau petani Temanggung. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Usai bertemu dengan petani tembakau di Festival Lembutan Bansari ke-4 di Temanggung, Gubernur Jawa Tengah--yang juga bacapres Partai Perindo-- Ganjar Pranowo langsung menemui perusahaan pabrikan rokok, Kamis (27/7/2023). Langkah itu dilakukan untuk melobi agar pabrikan rokok mau membeli tembakau hasil panen petani lokal.



Ganjar bertolak ke gudang PT Gudang Garam di Kecamatan Bulu. Kedatangannya disambut langsung oleh Direktur PT Gudang Garam Temanggung, Tjong Yen. Sekira 30 menit, Ganjar menyampaikan aspirasi dari petani tembakau.

Selanjutnya, hal serupa juga dilakukan di PT Djarum Temanggung. Politikus berambut putih itu menemui Manajer Pembelian PT Djarum Temanggung, Iskandar.

"Baik Gudang Garam maupun Djarum kita sampaikan pembelian, tapi ini belum mulai memang dan panennya juga baru di beberapa titik, tadi saya sampaikan sama kawan petani untuk disiapkan dengan baik," ujar Ganjar Pranowo usai pertemuan.

Menurutnya, kualitas tembakau kali ini sangat bagus mengingat cuaca yang mendukung untuk masa panen, sehingga hasil panen dipastikan dapat terserap pabrikan secara maksimal.

"Insya Allah hasilnya akan baik, karena cuaca juga dalam kondisi baik," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya mengapresiasi langkah PT Djarum yang melakukan riset dan uji coba tembakau untuk bisa lebih berkualitas tanpa bergantung pada cuaca.

"Tapi yang menarik teman-teman di Djarum ini ada risetnya bagaimana tembakau itu ya bergantung sama cuaca, tapi rekayasanya lebih bisa dilakukan. Tadi uji coba direndam, percobaan selama ini sudah dilakukan, membikin hasilnya jauh lebih tangguh, sehingga kualitasnya terjaga tidak bergantung pada cuaca," terangnya.

Sebab, kata Ganjar, yang dikhawatirkan oleh petani tembakau adalah saat panen tiba-tiba hujan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)