MES PWK UAE Gelar Young Entrepreneur Competition 2023 untuk Diaspora Indonesia

Sabtu, 29 Juli 2023 - 21:21 WIB
loading...
MES PWK UAE Gelar Young Entrepreneur Competition 2023 untuk Diaspora Indonesia
Pengurus Wilayah Khusus (PWK) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Uni Arab Emirates mengadakan kompetisi yang khusus diikuti oleh diaspora Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78, Pengurus Wilayah Khusus (PWK) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) United Arab Emirates (UAE) mengadakan Young Entrepreneur Competition 2023 yang khusus diikuti oleh diaspora Indonesia di UAE. Kompetisi ini buah dari kerja sama antara MES UEA, KBRI Abu Dhabi, KJRI Dubai dan Bank Syariah Indonesia.

Lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan diaspora Indonesia di UAE yang akan berkontribusi pada pengembangan ekonomi masyarakat di Tanah Air. Rangkaian lomba dan seleksi telah dimulai sejak tanggal 2 Juli 2023, di mana para peserta mempresentasikan rencana bisnis dihadapan tim penilai. Peserta lomba terbagi menjadi dua kategori utama, yakni:



(1) Pemula, yakni mereka yang baru pada tahap memulai ide bisnis dan memiliki misi untuk memberikan dampak bagi masyarakat;
(2) Rintisan, yakni mereka yang telah memiliki usaha maksimal 2 tahun dengan omzet tahunan minimal Rp50 juta/AED12.500 dan memiliki misi untuk memberikan dampak bagi masyarakat.

Diaspora Indonesia di UAE sangat antusias dengan kompetisi ini, terlihat dari puluhan peserta yang mendaftar dan berpartisipasi. Secara umum, kompetisi diadakan dalam dua tahapan utama. Tahap pertama adalah tahapan seleksi di mana para peserta dinilai oleh sejumlah juri dari Pengurus Wilayah Khusus MES – di mana para juri tersebut berasal dari beragam latar belakang profesi, seperti migas, keuangan, bankir dan pengusaha.

Tahap selanjutnya adalah Final di mana peraih nilai 3 tertinggi pada tahapan seleksi untuk masing-masing kategori Pemula dan Rintisan akan mempresentasikan rencana bisnisnya di hadapan dewan juri dari perwakilan KBRI Abu Dhabi, KJRI Dubai dan MES.

Final Young Entrepreneur Competition dilangsungkan Sabtu pagi di ruang Jokowi, KBRI Abu Dhabi. Hadir pada Final untuk kategori Pemula (1) Ayu Pertiwi dengan ide usaha e-commerce/IT services, (2) Mariza Navratilova dengan i-chatea dan (3) Siti Lestari dengan Golden Seven Seas.



Sementara untuk kategori Rintisan hadir (1) Nur Rofiqah Larasati dengan brand bisnis Tour & EO Sadunya; (2) Sylvana Sari dengan brand bisnis Tas Daur Ulang – Rajoet dan (3) Vieki Nuryanto dengan brand bisnis Tempeh Vieki. Di samping mempresentasikan rencana bisnis, semua finalis juga berkesempatan untuk mempromosikan produknya pada segenap hadirin.

Dalam sambutan pembukaan, Duta Besar Republik Indonesia untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis menyampaikan apresiasinya terhadap agenda Young Entrepreneur Competition yang digagas oleh MES PWK UAE.

"Kompetisi ini akan meningkatkan jiwa kewirausahaan masyarakat Indonesia di UAE, yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif pada kesejahteraan dan kemandirian. Event ini juga akan mendorong para entrepreneur Indonesia di UAE untuk bisa saling mengenal dan ke depannya untuk dapat berkolaborasi," ungkap Husin dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/7/2023).

Sementara, Ketua Umum MES UAE Dian Faqihdien Suzabar menambahkan, di samping untuk turut memeriahkan HUT RI ke-78, kompetisi ini juga diadakan dalam rangka aktualisasi misi dari MES UAE, yakni menumbuhkan bibit-bibit entrepreneur baru dan membesarkan entrepreneur yang sudah ada dari diaspora Indonesia di UAE untuk Indonesia Maju.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)