Uji Coba LRT Jabodebek untuk Masyarakat Dilaksanakan 5 Agustus 2023

Senin, 31 Juli 2023 - 11:28 WIB
loading...
Uji Coba LRT Jabodebek untuk Masyarakat Dilaksanakan 5 Agustus 2023
LRT Jabodebek siap diuji coba untuk masyarakat pada 5 Agustus mendatang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kepala Divisi LRT Jabodebek Purnomisidi mengungkapkan bahwa uji coba LRT Jabodebek terbatas bersama masyarakat akan dilaksanakan pada 5 Agustus 2023 dengan tarif Rp1. Purnomisidi memastikan semua penumpang yang sudah mendaftarkan diri mengikuti uji coba operasional terbatas tetap akan dapat mengikuti kegiatan tersebut.



"Kemarin itu baru diuji coba Pak Menteri Perhubungan , jadi arahan Pak Menteri (uji coba masyarakat) akan dilakukan tanggal 5 Agustus," katanya saat dihubungi, Senin (31/7/2023).

Purnomisidi mengatakan, sebelum pelaksanaan uji coba, pihaknya akan mengirimkan konfirmasi kepada masyarakat melalui pesan WhatsApp.

"Untuk masyarakat yang mendaftar nanti akan kita umumkan melalui wa kepada teman yang mendaftar," katanya.

Purnomisidi mengatakan bahwa saat ini pihaknya bersama dengan stakeholder terkait sedang melakukan tahap finalisasi sistem automatic train supervision (ATS). Hal itu dilakukan agar saat pengoperasiannya berjalan dengan lancar.

"Saat ini kita masih finalisasi upgrading dari ATS-nya supaya pengoperasiannya berjalan nyaman. Jadi bukan masalah safety," katanya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali mengecek langsung proses pengujian LRT Jabodebek pada Sabtu (29/7/2023). Usai mengikuti uji coba LRT Jabodebek mulai dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta ke Stasiun Harjamukti (Depok), lalu ke Stasiun Jatimulya (Bekasi Timur), Menhub menyebut laju kereta sudah lebih halus dan lebih nyaman.

"Saya bahagia bahwa kini sudah semakin baik dibandingkan pengujian sebelumnya. Saya minta kepada operator, jika ada kelemahan agar segera diperbaiki dan ditingkatkan," ujar Menhub Budi.

Menhub mengungkapkan, ingin memastikan aspek keselamatan telah terpenuhi sebelum nantinya LRT Jabodebek mulai beroperasi secara komersial. Menhub menyebut, pengujian dilakukan dalam tiga tahap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2115 seconds (0.1#10.140)