Masuki Musim Pelemahan, Wall Street Ditutup dengan S&P 500 dan Nasdaq Turun

Rabu, 02 Agustus 2023 - 07:16 WIB
loading...
Masuki Musim Pelemahan, Wall Street Ditutup dengan S&P 500 dan Nasdaq Turun
Wall Street ditutup dengan dua market yang melemah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wall Street dengan indeks S&P 500 (.SPX) dan Nasdaq (.IXIC) ditutup lebih rendah pada perdagangan Selasa (1/8/2023) waktu setempat. Pelemahan itu menjadi yang pertama di musim Agustus, menjelang data pekerjaan AS dan laporan pendapatan perusahaan besar akhir pekan ini.



Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik 71,15 poin atau 0,2% menjadi 35.630,68. S&P 500 (.SPX) kehilangan 12,23 poin, atau 0,27%, pada 4.576,73 dan Nasdaq Composite (.IXIC) turun 62,11 poin, atau 0,43%, menjadi 14.283,91.

Bursa saham AS mengakhiri Juli dengan pijakan yang kuat, karena investor menyambut pendapatan yang lebih baik dari perkiraan. Dukungan juga datang dari harapan soft landing bagi perekonomian yang tetap tangguh karena inflasi mereda dengan kenaikan suku bunga.

Benchmark S&P 500 (.SPX) mencapai level tertinggi 16 bulan pada hari Senin, dan kurang dari 5% lagi untuk menembus rekor level penutupan tertinggi pada 3 Januari 2022.

"Ini berjalan sangat baik di Juni, Juli. Dan semua orang tahu bahwa Agustus secara historis adalah bulan musiman yang cukup lemah," kata Scott Ladner, kepala investasi Horizon Investments, "Jadi saya pikir orang-orang hanya mengambil kesempatan untuk bersantai sedikit."

Menjaga penurunan Dow (.DJI), Caterpillar (CAT.N) menambahkan 8,9% karena pemimpin ekonomi global melaporkan kenaikan laba kuartal kedua, meskipun memperingatkan penurunan berurutan dalam penjualan dan margin kuartal saat ini. Uber (UBER.N) turun 5,7% setelah perusahaan ride-hailing itu kehilangan ekspektasi pendapatan kuartal kedua.

Di antara perusahaan farmasi kelas berat, Pfizer (PFE.N) melemah dalam perdagangan yang berombak setelah pendapatan kuartalan produsen obat tersebut turun jauh dari ekspektasi Wall Street, terpukul oleh penurunan penjualan produk Covid-19.

Pendapatan kuartal kedua AS sekarang diperkirakan turun 5,9% dari tahun sebelumnya, data Refinitiv pada hari Selasa menunjukkan, dibandingkan dengan penurunan 7,9% yang diperkirakan seminggu sebelumnya.

Manufaktur AS tampaknya telah stabil pada level yang lebih lemah di bulan Juli karena pesanan baru berangsur-angsur membaik, sementara survei menunjukkan pekerjaan pabrik turun ke level terendah dalam tiga tahun, menunjukkan bahwa PHK semakin cepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)