Ganjar Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter Wujudkan Indonesia Emas 2045

Rabu, 02 Agustus 2023 - 20:10 WIB
loading...
Ganjar Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter Wujudkan Indonesia Emas 2045
Bacapres Ganjar Pranowo saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Menuju Indonesia Emas 2045 di GOR Mbah Muqoyim Buntet Pesantren, Kabupaten Cirebon, Selasa (1/8/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
CIREBON - Bakal calon presiden 2024 Ganjar Pranowo menekankan pentingnya pendidikan karakter bagi milenial dan generasi Z (Gen Z) untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 .

Hal itu disampaikan Ganjar saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Menuju Indonesia Emas 2045 dengan tema 'Transformasi dan Penguatan Pendidikan Karakter di Pesantren Dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045' di GOR Mbah Muqoyim Buntet Pesantren, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Selasa (1/8/2023).



Di hadapan ribuan santri-santriwati yang hadir, Ganjar menyampaikan pendidikan karakter merupakan fondasi besar bagi kaum milenial dan gen z menuju perwujudan cita-cita masa depan.

Ganjar mengatakan, pendidikan karakter meliputi sopan santun, saling menghormati, dan kemampuan mengerti perasaan orang lain. Apabila seluruh poin tersebut dimiliki anak-anak muda, Ganjar optimistis kemajuan Indonesia tidak sulit dicapai.

"Dalam pendidikan tidak cukup hanya mencetak tenaga kerja tapi mencetak manusia unggul, yaitu hormat menghormati dan punya budi pekerti," kata Ganjar.

Di samping itu, pendidikan karakter mampu mencetak anak-anak muda yang jujur, berintegritas, dan berkepribadian luhur. Sehingga dalam kondisi apapun para milenal dan gen z akan memegang teguh prinsip tersebut seumur hidupnya.

Menurut Ganjar tantangan-tantangan mencapai Indonesia Emas 2045 dengan pendidikan karakter. "Pendidikan karakter salah satunya adalah berintegritas. Dia bekerja profesional," kata Ganjar.

Sebab itu, kata Ganjar, penting bagi pemerintah untuk menyiapkan akses pendidikan karakter melalui kegiatan-kegiatan yang disukai para milenial dan gen z. Ganjar mencontohkan, sekarang banyak anak muda menyukai game online dan konten kreatif.

Ganjar menyebutkan pendidikan karakter bisa dimasukkan dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Sehingga, tidak hanya ilmu taktis saja yang didapat, tapi juga etika, integritas dan tidak curang, serta penghormatan kepada orang lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4159 seconds (0.1#10.140)