Mahasiswa dari 11 Universitas di Yogyakarta Narasikan Sawit Baik

Selasa, 01 Agustus 2023 - 21:47 WIB
loading...
Mahasiswa dari 11 Universitas di Yogyakarta Narasikan Sawit Baik
Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menyelenggarakan kegiatan Talkshow GenSawit: Ngobrol Sawit di Yogyakarta pada Minggu (30/7/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
YOGYAKARTA - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit ( BPDPKS ) menyelenggarakan kegiatan Talkshow GenSawit: Ngobrol Sawit di Yogyakarta pada Minggu (30/7/2023). Acara ini dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Yogyakarta dan mendapat sambutan positif dari masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan sebuah movement makanya sekarang kita punya yang namanya GenSawit. Generasi sawit merupakan generasi yang mempunyai pemahaman yang baik terhadap kelapa sawit dan juga bisa membantu untuk memperkenalkan kelapa sawit ke sekitarnya," ujar Kepala Divisi Perusahaan BPDPKS, Achmad Maulizal Sutawijaya.



Selanjutnya, Pimpinan Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia Febrian Ramadhani mengajak generasi muda untuk ambil peran dalam menjaga stabilitas terkait kelapa sawit dari ancaman isu yang terjadi pada sektor kelapa sawit.

"Peran generasi muda terhadap isu-isu negatif sawit yakni harus memiliki pemahaman yang baik serta harus menjadi generasi muda yang paham terhadap hulu sampai hilir suatu industri," ungkap Febrian.

Dia menyampaikan generasi muda harus menjadi garda terdepan yang menjadi penyalur informasi khususnya informasi positif kepada masyarakat. Sementara, Bidang Kampanye Positif GAPKI, Intan Nurcahayani menyampaikan generasi muda khususnya mahasiswa dipersiapkan untuk mengambil peran dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya di sektor sawit.

"Sektor sawit membantu lebih dari 10 juta orang keluar dari garis kemiskinan. Kehadiran perusahaan perkebunan kelapa sawit di pedesaan mampu memberikan stimulus melalui program kemitraan atau CSR bagi masyarakat setempat. Maka, kita sebagai generasi muda harus sama-sama berjuang dalam mempertahankan komoditas strategis tersebut," kata Intan.

Selain itu, produk olahan turunan minyak kelapa sawit bukan barang awam di kalangan masyarakat, penggunaan dari minyak kelapa sawit sering dijumpai dan digunakan secara tidak sadar khususnya oleh generasi muda.

"Produk turunan minyak kelapa sawit mendukung 24 jam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia seperti minyak goreng, margarin, coklat, roti, lipstick, lotion, foundation, sabun, deterjen, hingga bahan bakar nabati," kata Intan.

Bidang SDM dan Internasional DPP APKASINDO Djono Albar Burhan memberikan tanggapan terhadap jutaan masyarakat Indonesia yang selama ini diuntungkan dengan ekosistem industri kelapa sawit. Sawit yakin akan tetap jadi komoditas strategis dalam menunjang kebutuhan hidup manusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2045 seconds (0.1#10.140)