Menhub Sebut Truk Bikin Macet di Jalur Pengalihan Cisomang

Senin, 02 Januari 2017 - 12:27 WIB
Menhub Sebut Truk Bikin Macet di Jalur Pengalihan Cisomang
Menhub Sebut Truk Bikin Macet di Jalur Pengalihan Cisomang
A A A
PURWAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut truk bikin kemacetan di jalur pengalihan jembatan Cisomang seperti di Tol Jati Luhur. Hal ini terjadi karena adanya kelebihan kapasitas.

(Baca: Jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi Bergeser 53 Cm)

Pihaknya mengimbau agar truk besar tidak membawa barang melebihi kapasitas. Sehingg, bisa melintas dengan baik seperti di medan tanjakan.

"Saya pikir itu lazim karena harus jujur angkutan-angkutan truk kita itu overloaded. Jadi, kita imbau sesuai kemampuan kendaraan. Jadi, kalau sesuai kendaraan biasanya truk bisa melintas dengan kemampuan untuk menanjak yang lebih mungkin," ujarnya di Purwakarta, tadi malam.

Menurutnya, jika truk kelebihan kapasitas maka akan membuat sulit melewati jalur yang sulit. Sehingga ujungnya terjadi kemacetan. (Baca: Menhub Bersyukur Keretakan Jembatan Cisomang Diketahui dari Awal)

"Kalau mereka memaksakan diri sampai 1,5 kali lipat hingga dua kali lipat pasti akan ada kemacetan tapi dalam dua hari terakhir ada improvement. Nanti akan kita pantau," kata dia.

Di tempat yang sama, Kapolda Jabar Irjen Pol Bambang Waskito menambahkan, kepolisian akan berupaya melakukan pagar betis dan mengatur jika ada kendaraan mogok. Untuk kontainer, menurutnya lebih baik menggunakan kereta api.

"Kita akan melakukan upaya pagar betis dan kita akan lakukan derek kalau ada yang mogok dan kita akan imbau jangan overload. Kalau ada kontainer yang besar lebih baik naik kereta api karena Pak menteri sudah siapkan kereta api. Kecil-kecil bisa lewat darat. Anggota akan kita siagakan," jelasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0811 seconds (0.1#10.140)