Jadwal Operasi LRT Jabodebek Mundur, Bagaimana Uji Coba untuk Masyarakat?

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 10:26 WIB
loading...
Jadwal Operasi LRT Jabodebek Mundur, Bagaimana Uji Coba untuk Masyarakat?
Jadwal operasional LRT Jabodebek kemungkinan besar mundur. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa ada kemungkinan pelaksanaan operasional LRT Jabodebek akan mundur hingga 30 Agustus 2023. Harusnya, jadwal operasional LRT secara komersial dilakukan pada 18 Agustus 2023.



Perubahan jadwal itu sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yang meminta untuk tidak buru-buru melaksanakan operasional LRT Jabodebek.

"Kami tadi minta saran, Pak Presiden sangat bijak, pokoknya kalian melakukan uji coba. Pada saat uji coba berhasil, kita buka. Bisa jadi 20 Agustus, atau 30 Agustus," kata Menhub di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip Jumat (4/8/2023).

Lantas bagaimana dengan uji coba LRT Jabodebek dengan tarif Rp1 untuk masyarakat? Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengungkapkan, pelaksanaan uji coba LRT Jabodebek untuk masyarakat tetap akan dilaksanakan, meski tanggal pastinya tak disebutkan.

"(Uji coba LRT Jabodebek untuk masyarakat) tetap berjalan sesuai rencana. Insya Allah setelah tanggal 5 Agustus kita mulai lagi," katanya kepada MNC Portal, Jumat (4/8/2023).

Saat ini LRT Jabodebek masih dalam tahap proses penyempurnaan sistem automatic train supervision (ATS).

Sebelumnya, Kepala Divisi LRT Jabodebek Purnomisidi mengungkapkan bahwa uji coba LRT terbatas bersama masyarakat akan dilaksanakan pada 5 Agustus 2023 dengan tarif Rp1. Purnomisidi memastikan semua penumpang yang sudah mendaftarkan diri mengikuti uji coba operasional terbatas tetap akan dapat mengikuti kegiatan tersebut, meskipun ada penundaan pelaksanaan uji coba operasional terbatas yang sedianya dilakukan pada 29 Agustus 2023.

"Kemarin itu baru di uji coba Pak Menteri Perhubungan, jadi arahan Pak Menteri (uji coba masyarakat) akan dilakukan tanggal 5 Agustus," katanya.



Purnomisidi mengatakan bahwa nanti masyarakat sebelum pelaksanaan uji coba pihaknya akan mengirimkan konfirmasi kepada masyarakat melalui pesan WhatsApp. "Untuk masyarakat yang mendaftar nanti akan kita umumkan melalui wa kepada teman yang mendaftar," katanya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)