Ekonomi RI Tumbuh 5% Selama 7 Kuartal Beruntun, Ekonom: Tak Semua Negara Bisa Rebound

Rabu, 09 Agustus 2023 - 09:09 WIB
loading...
A A A
Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan konsolidasi dan mendorong pos-pos terutama di sektor industri manufaktur agar bisa tumbuh lebih cepat dan tinggi, sehingga bisa menjadi salah satu sektor yang bisa menyerap angkatan kerja dalam jumlah yang besar.

"Mendorong industri manufaktur, atau juga sering disebut dengan reindustrialisasi, juga merupakan hal yang tidak terpisah dari upaya pemerintah untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi terutama di tahun depan dan tahun-tahun setelahnya, apalagi pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi ini diperlukan terutama untuk memastikan Indonesia bisa memenuhi visinya menjadi negara maju di tahun 2045 nanti," jelas Yusuf.

Berbicara soal isu jangka pendek, hal yang kemudian bisa dilakukan pemerintah setidaknya dalam beberapa bulan ke depan sampai dengan akhir 2023, adalah memastikan daya beli masyarakat melalui menjaga inflasi tetap rendah atau berada pada target yang diinginkan oleh pemerintah.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memastikan bahwa El Nino itu memberikan dampak yang relatif kecil ke masyarakat secara luas, sehingga langkah mitigasi di awal dan langkah demitigasi setelahnya ketika El Nino telah terjadi itu yang menjadi penting.

"Memastikan kebutuhan pangan kemudian daya beli masyarakat kelompok menengah ke bawah itu terjaga merupakan hal-hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk memastikan bahwa El Nino tidak menggerek inflasi ke level yang lebih tinggi sehingga berpotensi menekan daya beli masyarakat terutama kelompok menengah ke bawah," pungkas Yusuf.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)