Mengenal ECOWAS, Organisasi Ekonomi Negara Afrika Barat

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 20:22 WIB
loading...
Mengenal ECOWAS, Organisasi Ekonomi Negara Afrika Barat
ECOWAS merupakan kelompok ekonomi negara Afrika Barat yang muncul setelah kudeta di Niger. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - ECOWAS atau Economic Community of West African States merupakan sebuah uni politik dan ekonomi regional 15 negara yang berlokasi di Afrika Barat.

Nama organisasi ini baru saja muncul setelah adanya kudeta di negara Niger . Para pemimpin yang tergabung dalam blok itu mengancam menggunakan kekuatan militer apabila kekuasaan tidak dikembalikan kepada Presiden Mohamed Bazoum.

Lantas, seperti apa organisasi ECOWAS ini? Dilansir dari laman resmi Ecowas, berikut ulasannya.

Mengenal ECOWAS dan Anggotanya


ECOWAS adalah sebuah organisasi regional yang bertujuan untuk meningkatkan integrasi ekonomi dan politik di antara negara-negara anggotanya. Terutama negara yang berada di Afrika bagian barat.

ECOWAS sendiri didirikan pada tahun 1975 dan saat ini memiliki 15 negara anggota, yaitu Benin, Burkina Faso, Cape Verde, Côte d’Ivoire, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea-Bissau, Liberia, Mali, Niger, Nigeria, Senegal, Sierra Leone, dan Togo.

Tujuan utama ECOWAS adalah untuk mencapai “kemandirian kolektif” bagi negara-negara anggotanya dengan menciptakan sebuah blok perdagangan besar melalui pembangunan sebuah uni ekonomi dan perdagangan penuh.

Organisasi ini didirikan pada 28 Mei 1975. Dengan penandatanganan Perjanjian Lagos, misi yang dinyatakan untuk mempromosikan integrasi ekonomi di seluruh wilayah. Versi revisi dari perjanjian tersebut disepakati dan ditandatangani pada 24 Juli 1993 di Cotonou.



Semua negara anggota saat ini bergabung dengan komunitas sebagai anggota pendiri pada Mei 1975, kecuali Tanjung Verde yang bergabung pada 1977. Satu-satunya mantan anggota ECOWAS adalah Mauritania yang berbahasa Arab. Mereka merupakan salah satu anggota pendiri pada tahun 1975 dan memutuskan untuk mundur pada Desember 2000.

Namun, karena ECOWAS menjadi salah satu organisasi yang cukup penting baginya, Mauritania baru-baru ini menandatangani sebuah perjanjian keanggotaan asosiasi baru pada Agustus 2017. Selain itu, ada juga Maroko secara resmi meminta untuk bergabung dengan ECOWAS pada Februari 2017.

ECOWAS sendiri memang tergolong sebagai organisasi yang cukup berkembang. Hal itu diketahui melalui beberapa program yang telah sukses dijalankan oleh seluruh negara anggotanya.

ECOWAS memiliki berbagai program dan kegiatan yang berkaitan dengan perdagangan, pertanian, energi dan lingkungan. Lebih dari itu, negara yang tergabung di organisasi ini juga sudah mengembangkan program kesehatan, pendidikan, gender, dan masih banyak yang lainnya.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2007 seconds (0.1#10.140)