Selain Mal, Holding BUMN Rumah Sakit Ingin Sarinah Jadi Wisata Medis

Selasa, 15 Agustus 2023 - 20:03 WIB
loading...
Selain Mal, Holding BUMN Rumah Sakit Ingin Sarinah Jadi Wisata Medis
Direktur Medis Pertamina Bina Medika Lia Gardenia Partakusuma. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Holding BUMN Rumah Sakit, PT Pertamina Bina Medika (IHC), menginginkan pusat perbelanjaan Sarinah bisa menjadi wisata medis yang konsepnya memberikan layanan kesehatan. Direktur Medis Pertamina Bina Medika Lia Gardenia Partakusuma mengatakan, wisata medis tengah digaungkan pemerintah.



Langkah sederhana bisa diaplikasikan di pusat perbelanjaan dengan menyediakan layanan kesehatan. Menurutnya, masyarakat yang berkunjung ke Sarinah tidak hanya berbelanja saja, namun bisa memanfaatkan fasilitas medis, sebagai pelengkap ekosistem baru di pusat perbelanjaan.

"Diharapkan selain berbelanja masyarakat juga ikut peduli terhadap kesehatan," ujar Lia kepada wartawan di Sarinah, Selasa (15/8/2023).

IHC dan PT Sarinah (Persero) telah menyelenggarakan kegiatan donor darah dan health talk. Kegiatan sosial ini sekaligus menyambut HUT ke-78 RI. Tercatat, ada sekitar 70 kantong darah yang terkumpul dalam kurun waktu tiga jam yang diperoleh dari pekerja hingga pengunjung Sarinah.

Menurutnya, donor darah selain bermanfaat membantu pasien yang membutuhkan, juga berdampak baik bagi kesehatan pendonor. Donor darah juga dapat menyegarkan tubuh, apalagi dilakukan secara rutin.

Kegiatan donor darah dan health talk juga bagian dari implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya untuk kehidupan yang sehat dan pendidikan yang berkualitas.

Senada, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan Human Capital PT Sarinah Albert Aulia Ilyas mengatakan PT Sarinah mengapresiasi langkah IHC menjadikan Sarinah untuk ikut berperan dalam ekosistem wisata medis Indonesia.

“Sarinah juga hadir di beberapa kota di Indonesia, kami membuka peluang sinergi untuk bersama-sama mewujudkan ekosistem wisata medis Indonesia melalui pusat perbelanjaan,” kata Albert.



Dia memastikan bahwa pihaknya terus mensosialisasikan kepada pengunjung Sarinah pentingnya kesehatan, bahkan dia menganjurkan karyawannya untuk melakukan donor darah secara rutin.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)