Pembangkit Listrik Tanjung Power Capai Financial Close

Selasa, 07 Februari 2017 - 21:51 WIB
Pembangkit Listrik Tanjung Power Capai Financial Close
Pembangkit Listrik Tanjung Power Capai Financial Close
A A A
JAKARTA - PT Tanjung Power Indonesia (TPI) telah mencapai kesepakatan pembiayaan (financial close) untuk proyek pembangkit listrik bertenaga batubara 2x100 MW di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. TPI merupakan perusahaan yang dibentuk konsorsium PT Adam Power (AP) dan PT East-West Power Indonesia (EWPI).

Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk (ADRO) Garibaldi Thohir, mengatakan financial close TPI ini merupakan pencapaian penting setelah sebelumnya mencapai financing close untuk PT Bhimasena Power Indonesia (BPI).

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari PT Perusahaan Listrik Negara, semua sponsor, pemberi pembiayaan, institusi pemerintah, beserta seIuruh pemangku kepentingan. Suksesnya financial close TPl dan BPI mencerminkan komitmen yang kuat dari kami untuk menjadi kontributor utama di dalam mensukseskan program 35.000 MW," ujar Boy Thohir--panggilan akrabnya, di Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Hal ini, kata dia, menunjukkan komitmen perusahaan dalam mengembangkan bisnis ketenagalistrikan sesuai dengan kebutuhan masa depan dan menciptakan sinergi dengan bisnis batubara.

"Saat ini, kami fokus untuk menjalankan proyek ini sesuai dengan yang direncanakan untuk meningkatkan akses terhadap listrik serta mendukung pertumbuhan Indonesia," katanya.

Boy menjelaskan, total investasi untuk proyek ini sekitar USD545 juta dan TPI telah menyelesaikan dan mendapat komitmen pembiayaan USD422 juta (termasuk fasilitas kontinjensi USD13 juta) dari enam bank komersial, yaitu Korea Development Bank, The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd.‚ DBS Bank Ltd.‚ Mizuho Bank, Ltd.‚ Sumitomo Mitsui Banking Corporation, dan The Hong Kong Shanghai Banking Corporation Limited.

"Pembiayaan pada proyek ini dilakukan melalui skema proyek finance, di mana KSURE memberikan jaminan komperhensif sebesar kurang lebih USD400 juta," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7118 seconds (0.1#10.140)