Serap Puluhan Ribu Pekerja Lokal, Serikat Pekerja Apresiasi Kontribusi PCJL

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:17 WIB
loading...
Serap Puluhan Ribu Pekerja Lokal, Serikat Pekerja Apresiasi Kontribusi PCJL
Para pekerja PetroChina International Jabung Ltd (PCJL) tengah beraktivitas. Foto/Dok. PCJL
A A A
JAKARTA - Para pekerja migas wilayah Jambi merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 dengan memaknai pentingnya kontribusi industri hulu migas bagi kepentingan nasional. Salah satunya, melalui penyediaan lapangan kerja dan penyerapan puluhan ribu pekerja lokal oleh kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas.

Di Jambi, hal itu ditunjukkan PetroChina International Jabung Ltd (PCJL) yang hingga saat ini telah menyerap sebanyak 1.181 warga lokal sebagai pekerja permanen dan 1.002 pekerja pihak ketiga yang juga berasal dari Provinsi Jambi. Para pekerja tersebut merupakan tulang punggung kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas di WK Jabung.

"PCJL sudah menggandeng puluhan ribu generasi muda turut membangun bangsa sebagai garda depan kesuksesan operasi di Jabung. Kita berharap industri lainnya juga melakukan hal yang sama dan terus meningkatkan pekerja bergelar sarjana," kata Pengurus Serikat Pekerja Migas Indonesia Wilayah Jambi Ronny S melalui keterangan pers, Jumat (18/8/2023).



Sejak pertama beroperasi di tahun 1993, WK Jabung telah menyediakan lapangan kerja bagi lebih dari 50.000 orang pekerja lokal. PCJL yang baru memperoleh perpanjangan kontrak hingga 20 tahun mendatang berkomitmen untuk terus memberdayakan tenaga kerja lokal. Karena itu, aktivis buruh ini meminta agar benar-benar menjadikan PCJL sebagai objek vital nasional yang harus dijaga karena telah memberikan manfaat besar nyata untuk masyarakat dan membangun perekonomian daerah selama puluhan tahun ini.

"Perusahaan ini sudah banyak memberikan manfaat nyata dan sangat banyak menyerap tenaga kerja lokal. Jadi apabila ada informasi bahwa lebih banyak pekerja dari luar daerah Jambi adalah keliru. Buktinya sudah lama ada puluhan ribu tenaga kerja lokal," tuturnya.

Tak hanya itu, kata dia, program tanggung jawab sosial yang selama ini digulirkan PCJL pun memberikan banyak manfaat kepada masyarakat luas. Karena itu, dia berharap keberadaan PCJL dan perusahaan-perusahaan lainnya di Jambi dapat dijaga sehingga mampu mengembangkan usaha dan menarik perusahaan lain yang sedang melakukan ekspansi untuk masuk ke wilayah Jambi. "Kita berharap Jambi menjadi tujuan investasi, dengan begitu penyerapan kerja semakin besar dan masyarakat sejahtera," tegas Ronny.



Secara terpisah, kalangan Serikat Pekerja lainnya juga memberikan perhatian khusus mengenai penghidupan yang layak bagi para pekerja. Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK) Indonesia Mirah Sumirat memberikan catatan penting di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun ini. Mirah menegaskan, seluruh rakyat berhak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan, dan negara berkewajiban untuk memenuhinya.

"Kami mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengingat kembali cita-cita luhur para pejuang dan pendiri Republik Indonesia, yaitu untuk menjadi bangsa yang berdaulat serta terwujudnya kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Mirah dalam keterangan resminya.

Mirah pun mengingatkan para pemimpin dan pejabat dalam pemerintahan di semua tingkatan saat ini untuk memprioritaskan terwujudnya kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. "Dalam konteks ketenagakerjaan, 78 tahun Indonesia merdeka akan lebih terasa bermakna bagi seluruh rakyat jika bisa menghadirkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan," pungkasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2250 seconds (0.1#10.140)