Profil Aguan Sugianto, Pengusaha Sukses Tanah Air Pendiri Agung Sedayu Group

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 15:38 WIB
loading...
Profil Aguan Sugianto, Pengusaha Sukses Tanah Air Pendiri Agung Sedayu Group
Sugianto Kusuma alias Aguan Sugianto merupakan pengusaha sukses dibalik berdirinya Agung Sedayu Group. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sosok Sugianto Kusuma alias Aguan Sugianto mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Pengusaha sukses ini merupakan nama dibalik berdirinya Agung Sedayu Group , salah satu pengembang properti terbesar di Tanah Air.

Baru-baru ini namanya disebut sebagai salah satu investor yang menunjukan minat terhadap investasi IKN oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Sosoknya juga didapuk memimpin konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di IKN Nusantara.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Aguan Sugianto ini? Untuk lebih jelasnya, simak profil singkat Aguan Sugianto sebagai berikut.

Profil Aguan Sugianto


Sugianto Kusuma atau biasa dikenal Aguan merupakan sosok pebisnis sukses di Indonesia. Pria kelahiran 1951 ini mulai merintis Agung Sedayu Group pada 1971 silam.

Mengutip laman resmi perusahaan, ASG dulunya berawal dari perusahaan kontraktor rumah pertokoan. Seiring waktu, bisnis milik Aguan ini terus berkembang secara signifikan.



Setelah itu, Agung Sedayu Group mendirikan pusat perbelanjaan elektronik terintegrasi pertama di Indonesia pada 1991. Adapun namanya sendiri adalah Harco Mangga Dua.

Pada perkembangannya, ASG terus menggarap berbagai proyek besar di bidang properti. Sebut saja seperti hotel, mal, apartemen, kawasan industri dan lain sebagainya.

Beberapa proyek properti Agung Sedayu Group yang banyak kenali antara lain seperti Harmoni Exchange, Mall of Indonesia, The Dharmawangsa Square, dan lain sebagainya.

Berkat tangan dingin Aguan, ASG juga terhindar dari krisis keuangan Asia pada 1998 lalu. Seiring waktu, perusahaan ini semakin gencar untuk menggarap proyek-proyek baru di Indonesia.

Baru-baru ini, Agung Sedayu juga terlibat dalam proses pengembangan kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2. Mereka menggarap proyek ini dengan perusahaan ternama lainnya, Salim Group.

Terkait nilai kekayaan, pada 2018 Globe Asia mengestimasikan total harta Aguan Sugianto mencapai USD970 juta, atau setara dengan Rp14 triliun.

Beberapa waktu lalu, nama Aguan Sugianto juga sering muncul dalam pemberitaan. Hal ini menyusul keputusan RUPST PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk (PANI) yang menunjuknya sebagai presiden direktur baru.

Itulah profil singkat mengenai sosok Sugianto Kusuma alias Aguan Sugianto, sosok pengusaha sukses pendiri Agung Sedayu Group.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1007 seconds (0.1#10.140)