IDSurvey-Relawan Bakti BUMN Genjot Literasi Digital Desa Wisata

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 23:35 WIB
loading...
IDSurvey-Relawan Bakti BUMN Genjot Literasi Digital Desa Wisata
IDSurvey dan Relawan Bakti BUMN berkolaborasi meningkatkan literasi digital masyarakat di Desa Wisata Sukarame. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - IDSurvey dan Relawan Bakti BUMN berkolaborasi meningkatkan literasi digital masyarakat di Desa Wisata Sukarame. IDSurvey ditunjuk Kementerian BUMN sebagai penyelenggara kegiatan Relawan Bakti BUMN batch IV di Wilayah Pandeglang Banten.

Bersama 10 relawan, IDSurvey memberikan bantuan beberapa buah laptop kepada SDN Sukarame 2, mengajarkan penggunaan aplikasi PaDi UMKM kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM) setempat dan memberikan pelatihan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mengenai promosi wisata secara digital di sosial media.

"Rangkaian kegiatan yang akan dilakukan telah disusun berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan masyarakat setempat sehingga dapat merasakan manfaat secara langsung seperti edukasi kepada UMKM, pemberian bantuan laptop, dan kegiatan transplantasi terumbu karang," ujar Direktur Keuangan, Administrasi, dan Manajemen Risiko PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) Sinung Triwulandari, melalui siaran pers, Jumat (18/3/2023).



Kehadiran IDSurvey yang merupakan Holding 3 entitas BUMN, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia di Pandeglang bukan untuk pertama kalinya. Pada 2022 lalu, IDSurvey melakukan kegiatan transplantasi terumbu karang dalam upaya budidaya anemon dan ikan nemo.

Kehadiran IDSurvey di Desa Wisata kali ini juga untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan dan peningkatan UMKM di Desa Sukarame, yang merupakan nominasi 50 desa wisata terbaik untuk wisata Indonesia bangkit di tahun 2021. Para relawan dari berbagai BUMN pada kesempatan ini akan mengajarkan cara penggunaan aplikasi PaDi UMKM kepada masyarakat yang menjalankan UMKM di Desa Sukarame agar mereka mampu memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan secara digital.



"Relawan juga mengajarkan cara membuat konten menarik untuk berjualan secara digital," ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Sucofindo Budi Hartanto.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Surveyor Indonesia Rosmanidar Zulkifli menambahkan, untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Desa Sukarame, dilakukan pula pemberian bantuan laptop dari IDSurvey melalui program Lakoling (Laboratorium Komputer Keliling). Bantuan ini diharapkan dapat menunjang proses belajar mengajar serta meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Sukarame 2.

Sementara, Kepala Desa Sukarame Endang Tresnajaya mengapresiasi kehadiran para relawan di daerahnya, terlebih dengan melibatkan Pokdarwis untuk mendorong pariwisata secara digital. "Ini tentunya menjadi modal besar bagi kami untuk maju dan semoga ini akan terus berlanjut di masa depan," kata dia.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)