Cetak Entrepreneurs, Kementan Ajarkan Milenial Bertani on Cloud

Kamis, 30 April 2020 - 07:04 WIB
loading...
Cetak Entrepreneurs, Kementan Ajarkan Milenial Bertani on Cloud
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - Masa pandemi Covid-19 tidak menghambat langkah Kementerian Pertanian untuk mencetak entrepreneurs berkualitas. Momen ini justru dimanfaatkan untuk menghasilkan SDM pertanian profesional lewat Bertani on Cloud. Materi yang diberikan adalah pelatihan membuat nugget ayam.

Menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi, pelaku pertanian di seluruh wilayah Indonesia dapat bergabung dalam program ini.

"Bertani on Cloud mengajak pelaku pertanian untuk berlatih dan berdiskusi bersama. Kita sama-sama membahas materi-materi pertanian yang kami sajikan. Kali ini, kita mengajak pelaku pertanian mengikuti pelatihan membuat nugget ayam," paparnya.

Dedi Nursyamsi menambahkan, materi ini akan dibawakan oleh teman-teman dari widyaiswara Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batu, Malang, Kamis (30/4/2020).

Ia menjelaskan, Bertani on Cloud adalah hasil pengembangan elearning pelatihan yang dilakukan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melalui Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan).

"Bertani on Cloud dapat diakses dengan alamat elearningpuslatan.com dan interaksi melalui aplikasi zoom dalam program Bertani on Cloud. Elearning ini merupakan salah satu jalan mewujudkan SDM pertanian yang profesional sesuai dengan sasaran umum BPPSDMP," ujarnya dalam keterangan kepada SINDOnews di Jakarta, Kamis (30/4/2020).

Dedi Nursyamsi menerangkan, perkembangan teknologi turut membawa dinamika baru pada proses pelatihan. Perubahan tersebut membawa efek pada pengembangan metode pelatihan dan media pelatihan.

Perubahan dapat dirasakan dengan banyaknya perkembangan penggunaan media pelatihan dengan memanfaatkan beraneka ragam multimedia.

"Bertani on Cloud ini adalah program yang sangat bagus di tengah Pandemi Covid-19 saat ini, dimana kita harus menjalankan social distance dan work from home. Dengan Bertani on Cloud, kita tetap dapat berlatih di lokasi kita masing-masing tanpa terbatas jarak, ruang dan waktu," paparnya.

Dedi mengatakan, masa pandemi Covid-19 ini momen pelatihan untuk mencetak entrepreneurs ini tidak terhambat, justru menjadi tantangan untuk lebih banyak mencetak enterpreneurs sektor pertanian. Karena, pelatihan bisa dilakukan dengan menggunakan sistem online.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2716 seconds (0.1#10.140)