Istana Beri Penjelasan soal Kehadiran Jokowi di KTT BRICS

Rabu, 23 Agustus 2023 - 08:05 WIB
loading...
Istana Beri Penjelasan soal Kehadiran Jokowi di KTT BRICS
Presiden Jokowi akan menghadiri KTT BRICS. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) bakal mengunjungi Afrika Selatan untuk memenuhi undangan KTT BRICS 2023. BRICS terdiri dari Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan.



Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, kehadiran Presiden Jokowi di KTT BRICS 2023 tidak ada hubungannya dengan status keanggotaan Indonesia.

"Jadi kehadiran Bapak Presiden di KTT BRICS tidak ada kaitan sama sekali dengan status keanggotaan Indonesia di BRICS," kata Bey dalam keterangannya, Rabu (23/8/2023).

Bey menejelaskan bahwa Presiden Jokowi akan hadir di KTT BRICS, karena kapasitas Indonesia sebagai keketuaan ASEAN. "Bapak Presiden hadir di forum ini untuk memenuhi undangan sebagai tamu, yakni dalam kapasitas Indonesia yang sedang memegang keketuaan ASEAN," kata Bey.

Diketahui, BRICS akan mengadakan KTT kepala negara dan pemerintahan ke-15 di Johannesburg, Afrika Selatan, pada 22-24 Agustus 2023 mendatang.

Segelum ke Johannesburg, Jokowi memulai rangkaian kunjungan ke sejumlah negara di kawasan Afrika, yakni ke Kenya, Tanzania, dan Mozambik pada Minggu, 20 Agustus 2023. Presiden menyebut kunjungan perdananya ke kawasan Afrika bertujuan untuk memperkokoh solidaritas di antara negara-negara selatan global.

Kunjungan Jokowi di kawasan Afrika nantinya akan diakhiri dengan mengunjungi Afrika Selatan untuk memenuhi undangan KTT BRICS 2023. Presiden pun diagendakan akan kembali ke Indonesia pada tanggal 25 Agustus 2023.



“Untuk Afrika Selatan, Indonesia diundang dalam KTT BRICS, dan tentunya di sela-sela KTT BRICS akan dilakukan berbagai pertemuan bilateral dengan kepala-kepala negara yang lainnya,” kata Presiden.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)