Semula Empat Karyawan hingga Bagian Sosial Ekonomi Indonesia

Jum'at, 24 Februari 2017 - 19:26 WIB
Semula Empat Karyawan hingga Bagian Sosial Ekonomi Indonesia
Semula Empat Karyawan hingga Bagian Sosial Ekonomi Indonesia
A A A
JAKARTA - Selama enam puluh tahun berjalanan bersama Indonesia, PT Astra International Tbk (Astra) merasakan manis getir dalam berusaha. Namun semuanya dijalankan dengan komitmen untuk berpartisipasi dalam dinamika kehidupan sosial ekonomi masyarakat Indonesia.

Komitmen tersebut ditegaskan kembali dalam peringatan HUT ke-60 Astra, yang mengangkat tajuk “Berbagi Inspirasi Membangun Bangsa”. Filosofi Astra untuk memberikan added value bagi banyak orang berbuah hasil. Usaha Astra berkelanjutan, bahkan berkembang signifikan hingga sekarang.

Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto mengatakan, Astra juga menyadari pencapaian terbaik tidak terlepas dari inovasi yang dilakukan secara berkelanjutan. Ia percaya dengan terus memberikan manfaat bagi banyak orang membuat Astra berkembang hingga saat ini.

“Selama enam puluh tahun perjalanannya, Astra telah melewati berbagai situasi ekonomi serta sosial, juga mengalami beberapa perubahan kepemimpinan. Dan Astra memiliki nilai-nilai luhur dari Catur Dharma yang tidak pernah hilang dan selalu dipertahankan. Kami akan terus berinovasi dengan berlandaskan nilai-nilai yang kami harapkan dapat terus berkembang sesuai perkembangan zaman,” tutur Prijono di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (24/2/2017).

Prijono pun mengisahkan 60 tahun perjalanan penuh makna itu. "Astra awalnya hanya memiliki empat karyawan, hingga kini berkembang menjadi perusahaan besar dengan 214.835 karyawan terbesar di seluruh Indonesia," terangnya.

Dari semula empat karyawan kini berkembang menjadi 214.835 karyawan yang tersebar di 208 perusahaan di seluruh Indonesia. Menyadari pentingnya sumber daya manusia sebagai aset utama perusahaan, Astra secara konsisten mengembangkan karyawannya dengan menyediakan pelatihan komprehensif, mulai dari level dasar sampai kepada level senior eksekutif.

Pelatihan yang terangkum dalam Leadership Development Program (LDP) dikembangkan berdasarkan kebutuhan organisasi, nilai-nilai Catur Dharma, dan delapan Leadership Competence Astra (LCA) dan mencakup enam tahapan, yakni Astra Attachment Program (AAP); Astra Basic Management Program (ABMP); Astra First Line Management Program (AFMP); Astra Middle Management Program (AMMP); Astra Senior-Manager Management Program (AsrMP) dan Astra General Management Program (AGMP). Pengembangan ini disebut People Roadmap.

Dan seiring berkembangnya ekonomi Indonesia, Astra senantiasa memberikan yang terbaik di setiap bidang usaha. Saat ini Astra memiliki 208 perusahaan dan melayani lebih dari 10 juta konsumen atau pelanggan Grup Astra setiap tahunnya.

Melalui Portfolio Roadmap, Astra terus menghasilkan produk berkualitas termasuk memasuki Divisi Properti di tahun 2016, sehingga saat ini perusahaan memiliki tujuh lini bisnis, yaitu Otomotif; Jasa Keuangan; Alat Berat dan Pertambangan; Agribisnis; Teknologi Informasi; Infrastruktur, Logistik dan Lainnya; dan Properti.

Astra pun menyadari, pencapaian kinerja perusahaan yang baik tidak lepas dari inovasi yang dilakukan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, sejak tahun 1982, Astra telah mengembangkan InnovAstra, sebagai budaya inovasi dan improvement oleh Insan Astra. Selama 35 tahun, total telah dihasilkan 7.390.385 proyek inovasi.

Menurut Prijono, sebagai tanggung jawab sosial perusahaan (Public Contribution Roadmap), Astra menitik beratkan pada empat pilar. Yaitu untuk indonesia sehat, Astra untuk Indonesia cerdas, Astra untuk Indonesia hijau dan terakhir Astra untuk Indonesia kreatif.

Melalui strategi pertumbuhan jangka panjang Triple Roadmap Strategy, yaitu Portfolio Roadmap, People Roadmap dan Public Contribution Roadmap, Astra terus membangun tahapan-tahapan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan menuju Goal 2020 sebagai Pride of the Nation.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4350 seconds (0.1#10.140)