alexa snippet

Rakyat Papua Minta Pemerintah Nasionalisasi Freeport

Rakyat Papua Minta Pemerintah Nasionalisasi Freeport
Gerakan Rakyat Papua Optimis meminta pemerintah menasionalisasi PT Freeport Indonesia. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Ketua Gerakan Papua Optimis Jemmy Demianus Ijie meminta pemerintah untuk menasionalisasi PT Freeport Indonesia. Mengingat, sudah hampir 50 tahun Indonesia terus dijajah oleh raksasa tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut.

Dia mengungkapkan, Indonesia seharusnya bisa seperti negara-negara di Amerika Selatan yang berani melakukan perlawanan terhadap Negeri Paman Sam tersebut.

"Seperti Venezuela, mengambilalih dari Amerika Serikat. Saya hanya ingin pesan jangan kita dimalukan negara lain seperti Venezulea‎, Bolivia, atau Amerika Selatan lain, negara kita harus bangkit dengan perjuangan Bung Karno," katanya dalam diskusi Polemik SINDO Trijaya FM di Jakarta, Sabtu (25/2/2017).

Menurutnya, Indonesia tidak perlu lagi memperpanjang kontrak Freeport setelah berakhir nanti pada 2021. Perusahaan Indonesia harus didorong untuk mengelola tambang di Grasberg, Papua, sepeninggalan Freeport.

‎"Mau bicarakan siapapun yang mengelola selama memberikan manfaat ‎bagi Papua, dari pada kita berdebat panjang lebar, masih begitu-begitu saja," tandasnya.



(ven)
loading gif
Top