Bos The Fed Bakal Paparkan Langkah Terakhir Perangi Inflasi Jumat Ini

Kamis, 24 Agustus 2023 - 12:44 WIB
loading...
Bos The Fed Bakal Paparkan Langkah Terakhir Perangi Inflasi Jumat Ini
Ketua Federal Reserve Jerome Powell akan memaparkan langkah terakhir memerangi inflasi Jumat ini. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Ketua Federal Reserve Jerome Powell diperkirakan akan memetakan langkah-langkah terakhir untuk memerangi inflasi . Komitmen tersebut disampaikan dalam sebuah acara di Jackson Hole, Wyoming.

Meskipun pidatonya mungkin tidak mengandung drama yang sama dengan pidato-pidato penting dalam beberapa tahun terakhir, pidato Powell pada pertemuan tahunan para gubernur bank sentral global The Fed terjadi ketika para pembuat kebijakan memasuki apa yang disebutnya sebagai tahap tersulit dalam perang melawan inflasi.

Mengutip American Banker, The Fed akan mengkalibrasi seberapa besar pengetatan yang diperlukan, dengan sedikit kepastian tentang bagaimana tindakan mereka telah mempengaruhi ekonomi sejauh ini. Jalan ke depan saat ini sudah jelas, yakni menaikkan suku bunga untuk mengendalikan inflasi tercepat dalam empat dekade terakhir.



Kini, seiring dengan inflasi yang terus mendingin, perbedaan pendapat di antara para pembuat kebijakan muncul mengenai seberapa banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Powell kemungkinan akan mengungkapkan bagaimana The Fed akan menilai apakah suku bunga harus naik lebih tinggi dan menentukan kapan waktunya untuk mulai memangkasnya.

"Dia akan memperingatkan agar tidak melakukan pelonggaran terlalu cepat. Saya pikir itu akan menjadi tema di sini," kata mantan Wakil Ketua Fed Donald Kohn.

Powell dijadwalkan untuk menyampaikan prospek kebijakan di Washington, pada Jumat (25/8) pagi sebagai bagian dari simposium kebijakan ekonomi tahunan Fed. Pertemuan ini diadakan ketika para pembuat kebijakan moneter di seluruh dunia masih menghadapi tingkat inflasi yang di atas target dan meningkatnya peluang penurunan ekonomi.

Tantangan tahun depan adalah menyeimbangkan risiko-risiko yang semakin meningkat, karena mereka berusaha mengendalikan tekanan harga sambil menghindari resesi. Sejak pidato Powell yang terkenal blak-blakan pada konferensi Agustus lalu menekankan tekad bank sentral untuk menekan inflasi.



Para pejabat The Fed telah menaikkan suku bunga acuan mereka ke level tertinggi 22 tahun di 5,25% hingga 5,5%. Sejauh ini, alat pengukur inflasi telah turun secara substansial dari tahun lalu, dan ekonomi hanya menunjukkan sedikit tanda-tanda penderitaan akibat kondisi moneter yang lebih ketat. Namun, para pejabat Fed semakin terbagi menjadi dua kubu karena risiko inflasi surut dan risiko ekonomi lainnya meningkat.

Suku Bunga Netral

Perekonomian yang tangguh dalam menghadapi kenaikan suku bunga yang cepat juga telah memberikan spekulasi bahwa apa yang disebut suku bunga netral, di mana kebijakan tidak menstimulasi ekonomi lebih tinggi daripada sebelum pandemi. Imbal hasil (yield) obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun naik setinggi 4,35% minggu ini untuk pertama kalinya sejak 2007, yang mencerminkan ekspektasi bahwa suku bunga akan tetap lebih tinggi.

Investor menantikan pidato Powell. Perkiraan terakhir mereka suku bunga tetap tidak berubah dari sebelum pandemi di 2,5%, dan Powell tidak mungkin menyimpang dari pendekatan tersebut.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2583 seconds (0.1#10.140)