Mau Jadi Pengusaha Sukses? Ini Kuncinya

Senin, 28 Agustus 2023 - 18:20 WIB
loading...
Mau Jadi Pengusaha Sukses? Ini Kuncinya
Sekretaris Jenderal Asosiasi Travel Umroh dan Haji SAPUHI, Ihsan Fauzi Rahman dalam Podcast Aksi Nyata yang disiarkan melalui channel YouTube Partai Perindo, Senin (28/8/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Banyak orang yang bercita-cita untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Namun, untuk menjadi pengusaha sukses bukan hanya modal yang perlu disiapkan tapi ada beberapa indikator lainnya.

Pengusaha yang juga Sekretaris Jenderal Asosiasi Travel Umroh dan Haji SAPUHI, Ihsan Fauzi Rahman mengatakan, modal memang jadi satu komponen yang penting dalam berusaha, namun yang lebih utama dari itu menurutnya pola pikir alias mindset.

"Jadi mindset itu pertama kan kita mesti punya knowledge dulu, tahu marketing itu apa, operasional itu apa terus keuangan ngatur uangnya itu kayak gimana," ungkap Ihsan dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Menjadi Pebisnis Sukses, Bahagia dan Bermakna yang disiarkan melalui channel YouTube Partai Perindo, Senin (28/8/2023).



Selain mindset, Ihsan juga mengungkapkan seorang pengusaha perlu memiliki mental yang kuat terutama saat menghadapi kegagalan.

"Mentalitas itu misalkan kena masalah, kadang-kadang mentalnya tidak siap. Pas lagi jualan sepi, dia tidak siap, lalu sudah selesai. Terus kena masalah, ketipu supplier mungkin, dia selesai. Jadi mentalitas itu penting," kata dia.

Lebih lanjut, Ihsan mengatakan, dengan adanya mentalitas, maka akan muncul sikap tidak mudah putus asa, semangat itulah kemudian yang bisa mengantarkan pada keberhasilan dalam berbisnis.



"Perlu kita sadari kalau mau jadi pengusaha spesifikasinya juga khusus. Khusus dalam artian 9 pintu rezeki itu kan di dagang atau di bisnis, itu spek-nya juga 9 kali lipat istilahnya, itu mesti kita sadari," pungkasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)