Ingin Memulai Usaha, Ini Tips Sederhana Rina Malewa Bagi Calon UMKM

Selasa, 22 Agustus 2023 - 16:57 WIB
loading...
Ingin Memulai Usaha, Ini Tips Sederhana Rina Malewa Bagi Calon UMKM
Banyak kalangan seperti ibu-ibu dan anak muda yang belum memulai usahanya karena tidak tahu apa yang harus dipersiapkan. Berikut tips dari Pengusaha sekaligus Bacaleg DPRD DKI Jakarta Dapil 4 Partai Perindo Rina Malewa. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Banyak kalangan seperti ibu-ibu dan anak muda yang belum memulai usaha nya karena tidak tahu apa yang harus dipersiapkan. Padahal, UMKM saat ini masih banyak peluang yang belum tersentuh.



Pengusaha sekaligus Bacaleg DPRD DKI Jakarta Dapil 4 Partai Perindo , Rina Malewa mengatakan, usaha bisa dimulai kapanpun bahkan saat tidak punya modal.

"Saya bilang, ibu bisanya apa, mungkin bisa masak, posting aja di status WA-nya, awal-awal saya juga seperti itu, kan lama-lama orang jadi lihat, 'oh jualan sambel ya, jualan sayur asem ya' misalnya," ujar Rina dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Sabtu (12/8/2023).



Rina selalu bilang pada orang terdekatnya seperti teman atau tetangga, saat ini bisa memulai usaha apa saja dengan kemampuan yang dimiliki, seperti memasak. "Dengan modal kecil bisa, gak butuh modal besar, dengan catatan bumbunya harus medok," katanya.

UMKM sendiri merupakan salah satu penopang ekonomi Indonesia. Saat pandemi, Rina mengungkapkan, hampir semua membangun usaha dengan modal yang minim. Rina memandang, pemerintah seharusnya membantu usaha kecil dengan memberi modal.

"Dikasih modal maksudnya, kan banyak asongan di jalan, banyak tukang kopi pakai sepeda kan. Sebaiknya pemerintah kasih tempat untuk mereka jualan, tapi dengan catatan sewanya jangan terlalu mahal," jelas Rina.

Adapun Partai Perindo sangat konsen dengan UMKM, dari gerobak Perindo, pelatihan-pelatihan UMKM, dan sebagainya.

Untuk Rina sendiri yang berawal dari hobinya membuat sambal khas Sulawesi hingga go internasional, pengusaha ini juga bisa membuat makanan khas sesuai pesanan pelanggan.

Sambal Roa Umi Rina kini tersedia di berbagai sosial media dan toko online. Rina menegaskan juga ke depannya UMKM harus berani mencoba apapun usahanya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)