Bulog Pastikan Tidak Ada Tambahan Impor Beras Tahun Ini

Senin, 28 Agustus 2023 - 21:37 WIB
loading...
Bulog Pastikan Tidak Ada Tambahan Impor Beras Tahun Ini
Perum Bulog memastikan tidak ada tambahan impor beras tahun ini. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bulog memastikan tidak ada tambahan impor beras tahun ini. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan 400.000 ton beras yang didatangkan tahun ini dari negara mitra merupakan kloter terakhir dari target impor sebesar 2 juta ton.

"Pokoknya itu sudah kuota kita yang harus kita selesaikan. Itu sudah cukup," ujar Buwas, Senin (28/8/2023).

Dia mengatakan hingga Agustus tahun ini, jumlah beras yang sudah didatangkan Bulog mencapai 1,6 juta ton. Lelaki yang akrab disapa Buwas itu menyebut setelah beras impor yang ditugaskan Badan Pangan Nasional (Bapanas) berhasil digenapkan menjadi 2 juta ton tidak lagi melakukan pengadaan impor tambahan.



Adapun 400.000 ton beras impor ditargetkan tiba pada akhir November atau awal Desember tahun ini. Setelah itu, Bulog akan memaksimalkan serapan beras di dalam negeri.

"Jadi terakhir datang dari seluruh 2 juta itu, terakhir datang awal Desember atau akhir November 2023, itu selesai," tuturnya.

Adapun pilihan mendatangkan komoditas primer itu dari negara lain untuk menjaga stok beras pemerintah di gudang Bulog tetap berada pada level yang ditentukan, yakni 1,2 juta ton. Selain itu, menjaga harga beras di tingkat konsumen tetap stabil.



Proses tersebut sudah dilakukan sejak awal 2023 lalu. Sementara, beras impor yang didatangkan berasal dari sejumlah negara di Asia, yakni Vietnam, Thailand, dan Pakistan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0773 seconds (0.1#10.140)