Dukung Mandatori B35, Pana Oil Edukasi Pengguna dari Sektor Tambang

Selasa, 29 Agustus 2023 - 18:05 WIB
loading...
Dukung Mandatori B35, Pana Oil Edukasi Pengguna dari Sektor Tambang
Manajemen PT Pana Oil Indonesia bersama para pakar yang menjadi narasumber FGD tentang Biodiesel B35. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menyusul implementasi bahan bakar biodiesel 35% (B35) yang relatif baru, PT Pana Oil Indonesia menggelar diskusi untuk mengedukasi para pengguna, khususnya di sektor pertambangan. Tujuannya agar kinerja alat-alat berat di sektor pertambangan yang menggunakan B35 tetap optimal.

Edukasi tersebut digelar melalui Forum Group Discussion (FGD) Pana Talk with Expert yang menghadirkan pakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (Aspindo). Edukasi tentang B35 ini diharapkan mampu memberikan pemahaman lebih baik tentang B35 dan kaitannya dengan performa mesin dan alat berat.

"Penjelasan tentang B35 ini kita harapkan dapat memberikan edukasi sekaligus solusi atas beberapa keluhan yang sering disampaikan para pengguna akibat dari penggunaan bahan bakar biodiesel dengan kadar fatty acid methyl ester (FAME) 35% ini," kata Managing Director Pana Oil Indonesia Raymond Widjaja dalam keterangannya, Selasa (29/8/2023).



Sebagai produsen pelumas dalam negeri, tegas Raymond, Pana Oil mendukung kebijakan mandatori B35. Karenanya, selain edukasi, Pana Oil juga terus melakukan riset untuk menghasilkan solusi dalam meningkatkan kinerja mesin dan peralatan dari pelanggannya, khususnya di sektor pertambangan.

B35 merupakan bauran 65% solar dan 35% biodiesel dari FAME, yang diwajibkan pemerintah sejak 1 Februari 2023 dan diimplementasikan secara serentak di dalam negeri per 1 Agustus 2023. Namun, sejak diterapkan, pengguna B35 menyampaikan beberapa keluhan, seperti lebih sering servis filter bahan bakar, banyaknya deposit/kontaminan dikarenakan pelumas, kadar air dalam B35, konsumsi bahan bakar lebih boros, dan lainnya.

Dalam sesi Pana Talk with Expert, para pakar dan praktisi secara tegas menyampaikan bahwa tidak ada kaitan langsung antara pelumas dengan performa mesin yang menggunakan bahan bakar B35. Akan tetapi, disepakati bahwa untuk menjaga kinerja mesin, terutama alat berat, para pengguna B35 perlu lebih rutin melakukan pemeliharaan.

"Kami menyadari bahwa teknologi baru selalu memiliki tantangan. Pandangan pakar dan praktisi sangat clear, bahwa B35 tidak ada kaitan langsung dengan penggunaan pelumas mesin," tutur Director B2B Pana Oil Indonesia Effendy Liemuel.

Pakar konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara ITB Tri Yuswidjajanto Zaenuri menjelaskan, FAME dari esterifikasi CPO memiliki sifat higroskopis, detergency, tingkat oksidasi tinggi yang memicu deposit, dan nilai kalor FAME sebesar 37 MJ/kg yang lebih rendah dibandingkan solar sebesar 43 MJ/kg. Biodiesel memiliki viskositas lebih tinggi yaitu sebesar 4,15 mm2/s dibandingkan dengan solar sebesar 3,25 mm2/s. Sifat-sifat tersebut membawa konsekuensi tersendiri.

"Ketika diinjeksi maka kabutnya lebih besar. Solar habis terbakar dan FAME tidak habis terbakar sehingga sebagian terbawa oleh blow by gas turun ke crankcase, dan masuk ke dalam pelumas," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)