Airlangga Sebut Penerapan B35 Berpotensi Hemat Devisa USD10,75 Miliar

Selasa, 31 Januari 2023 - 12:31 WIB
loading...
Airlangga Sebut Penerapan B35 Berpotensi Hemat Devisa USD10,75 Miliar
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan manfaat mandatori B35. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Program Mandatori Biodiesel menjadi 35% (B35) mampu menyelamatkan devisa negara, lingkungan, dan lapangan kerja. Melalui program B35, Airlangga menegaskan akan terus mendorong terwujudnya penggunaan energi baru terbarukan.

"Hari ini kita meningkatkan mandatori biodiesel dan ini sebagai substitusi bahan bakar solar yang digunakan di mesin diesel, dan juga membawa Indonesia dengan energi yang ramah lingkungan," ungkap Airlangga saat menyampaikan keynote speech dalam acara Talkshow Energy Corner Special: Implementasi Mandatori Biodiesel B35, di Graha Sawala Kantor Kemenko Perekonomian,Selasa (31/1/2023)



Airlangga menjelaskan implementasi kebijakan B35 ini akan menghemat devisa sebesar USD10,75 miliar dan dapat meningkatkan nilai tambah industri hilir sebesar Rp16,76 triliun. Selain itu, kebijakan B35 ini juga diproyeksikan akan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 34,9 juta ton CO2. "Pemerintah mendorong ini menjadi key performance Indicator dari para direksi yang bergerak di bidang energi," jelasnya.

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian, Musdhalifah Machmud, memastikan program B35 juga akan melibatkan dukungan program biodiesel yang meliputi kecukupan pasokan, program insentif dari sawit berupa pungutan ekspor CPO, dan turunannya yang dikelola oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, serta monitoring dan evaluasi secara berkala.



”Kita harapkan semuanya bisa bergabung bersama-sama solid dalam menjalankan kebijakan Pemerintah untuk mendukung kebijakan-kebijakan terkait implementasi B35, bukan hanya energy mix tapi kita mendukung penciptaan lapangan kerja baru, menciptakan penurunan emisi gas rumah kaca, melakukan save terhadap devisa negara untuk pemulihan energi fosil dari luar, kita juga menjalankan energi biru untuk rakyat kita agar bisa menghirup udara yang lebih baik,” ungkap Musdhalifah.

Sebagai informasi, Biodiesel merupakan campuran Bahan Bakar Nabati (BBN) berbasis minyak sawit dengan bahan bakar minyak diesel. Selama kurun waktu tujuh tahun terakhir, tingkat pencampuran biodiesel terus ditingkatkan dari 15% (B15) pada tahun 2015, 20% (B20) pada tahun 2016, dan 30% (B30) pada tahun 2020.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2130 seconds (0.1#10.140)