LPKR Optimalkan Unit Bisnis Jalankan Program Indonesia Pasti

Selasa, 29 Agustus 2023 - 19:26 WIB
loading...
LPKR Optimalkan Unit Bisnis Jalankan Program Indonesia Pasti
LPKR memberikan dampak sosial yang positif di tempat operasi bisnisnya dengan melibatkan masyarakat. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Lippo Karawaci Tbk. ( LPKR ), platform real estat dan layanan kesehatan terkemuka di Indonesia, berupaya memberikan dampak sosial yang positif di tempatoperasi bisnisnya dengan melibatkan masyarakat melalui program “Lippo untuk IndonesiaPASTI” (PASTI: Pintar-Asri-Sejahtera-Tangguh-Independen).

Sejak tahun 2022, LPKR meluncurkan kerangka kerja grup untuk dukungan dan keterlibatanmasyarakat yang bertajuk “Lippo Untuk Indonesia PASTI”. Melalui PASTI, LPKR akanmemperkuat dampak dengan menyelaraskan upaya Tanggung Jawab Sosial (CSR) masing-masingunit bisnis dengan prioritas dan target, serta mengajak masyarakat untuk mencapai tujuan bersama.Inisiatif LPKR yang tercakup dalam PASTI mendukung agenda keberlanjutan Indonesia dan UNSDGs, serta kebutuhan masyarakat lokal yang dilayani.



LPKR juga telah melakukan aktivitasdalam kemitraan dengan lembaga pemerintah daerah dan organisasi nirlaba untuk sekaligusmendukung upaya berkelanjutan mereka. Lippo untuk Indonesia PASTI juga mewujudkan semangat yang tegas dan berani yang mendorongkemajuan holistik agenda keberlanjutan Indonesia. Di saat yang sama, LPKR juga berkomitmenmeningkatkan kualitas hidup bagi semua pemangku kepentingan dalam ekosistem grup, gunamemastikan masa depan yang lebih cerah bagi generasi mendatang.

Salah satu implementasi nilai Pintar diwujudkan melalui Pusat Pelatihan Siloam (STC) yangberdiri pada tahun 2019, yang menyediakan program pelatihan medis berkualitas bagi para tenagakesehatan profesional Indonesia di berbagai bidang, mulai dari perawatan kritis hingga pendidikanseputar Covid-19. Pada tahun 2022, STC mengadakan 146 program pelatihan untuk 7.500 tenagakesehatan profesional yang juga melibatkan pakar-pakar dan penyedia pelatihan pihak ketiga.LPKR juga memberikan bantuan pendidikan kepada siswa sekolah yang kurang mampu di dalamdan sekitar kawasan. Di Lippo Village, LPKR mengadakan bakti sosial untuk mensubsidi biayasekolah siswa, sedangkan di Tanjung Bunga, Makassar, LPKR mendukung renovasi dua sekolahdasar.

Untuk penanaman nilai Asri, LPKR melakukan serangkaian kampanye online dan offline untukmeningkatkan kesadaran akan tujuan lingkungan hidup dan aksi iklim. Selain memanfaatkansaluran media sosial dan papan buletin elektronik, LPKR juga mengkurasi berbagai acara bertemalingkungan seperti “Ecoprint Fashion Week” yang mengedukasi masyarakat tentang kelestarian lingkungan dan ekonomi sirkular. Sementara itu, sebagai bentuk dukungan terhadap kampanyeEarth Hour setiap tahunnya, mal dan hotel yang bernaung di bawah LPKR, mematikan semuapenerangan yang tidak diperlukan.

Menerapkan nilai Sejahtera, LPKR senantiasa memberikan bantuan kepada kelompok rentan,organisasi nirlaba, dan lembaga pemerintah untuk mendukung mereka yang membutuhkan,terutama dalam upaya bantuan bencana. Selain itu, sejalan dengan komitmen untuk membangunmasyarakat yang penuh semangat dan inklusif, LPKR sering menyelenggarakan dan mensponsoriacara serta perayaan masyarakat yang menyatukan banyak orang dan mendorong interaksi sosial.

Dalam menerapkan nilai Tangguh, LPKR berperan aktif dalam membantu memerangi Covid-19dengan mempercepat program vaksinasi nasional, mendistribusikan pasokan medis,mempromosikan langkah-langkah kebersihan yang baik, serta mendorong tindakan keselamatanCovid-19. Sejak tahun 2021, LPKR telah mendukung pemberian lebih dari 1,5 juta dosis vaksinmelalui program vaksinasi yang diadakan di mal, kawasan, dan fasilitas kesehatan. Di sampingitu, Siloam mengoperasikan 30 klinik kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia, 8 di antaranyaadalah klinik gratis yang memberikan layanan kesehatan kepada pasien yang kesulitanmendapatkan akses untuk perawatan medis yang sesuai.

Klinik-klinik ini difasilitasi untukmelakukan pelayanan medis dasar seperti vaksinasi polio, pemeriksaan tekanan darah, pelayananpertolongan pertama, dan pelayanan rujukan. Pada tahun 2022, Siloam membuka klinik ke-7 diSaman, Papua, sehingga memperluas layanan kesehatan ke lebih banyak daerah pedesaan dandaerah terpencil di wilayah timur Indonesia. Dengan dukungan finansial dan operasional penuhdari Siloam, klinik di Papua kini melayani lebih dari 1.700 pasien setiap bulan.



Adapun dalam implementasi nilai Independen, LPKR berkomitmen untuk menyediakan ruang danplatform untuk mempromosikan bisnis lokal dan produk para UMKM, seperti melalui program“Festival UMKM Untuk Indonesia” yang dilakukan oleh Lippo Malls, yang mengkurasi 137 acarayang menampilkan produk-produk lokal buatan UMKM, seperti pakaian batik, kerajinan tangan,dan makanan ringan. Melalui acara tersebut, Lippo Malls mendukung sekitar 3.000 UMKM di 25kota pada tahun 2022.

Group CEO LPKR John Riady menyampaikan bahwa LPKR selalu berupaya menciptakan dampaksosial yang positif dan bermakna di tempat Perusahaan beroperasi karena dukungan untukmasyarakat adalah lebih dari sekadar memberi, namun merupakan jembatan untuk dapat membinakemitraan jangka panjang dengan para pemangku kepentingan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)