Kembangkan Ekowisata di Jambi, PetroChina Jabung Sabet Piala Indonesia Awards 2023

Senin, 04 September 2023 - 13:00 WIB
loading...
Kembangkan Ekowisata di Jambi, PetroChina Jabung Sabet Piala Indonesia Awards 2023
Acting Communication Manager PetroChina International Jabung Ltd Afdal pada malam penganugerahan Indonesia Awards 2023. (Foto: dok iNews Media Group)
A A A
JAKARTA - PetroChina International Jabung Ltd (PCJL) berhasil menyabet piala Indonesia Awards 2023 pada kategori Outstanding Award for Integrated Initiative. Piala penghargaan ini diterima langsung oleh Acting Communication Manager PetroChina International Jabung Ltd Afdal pada malam penganugerahan Indonesia Awards 2023 di Jakarta Concert Hall iNews Tower, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Penghargaan diberikan atas kontribusi PetroChina dalam mengembangkan kawasan ekowisata Embung Muntialo yang dilakukan melalui program pengembangan masyarakat. Wisata yang berada di jalur nasional Jambi-Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi ini awalnya berfungsi sebagai tempat penampungan atau retensi air untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan destinasi wisata biasa. Namun, PetroChina melihat adanya potensi sebagai wisata edukasi kebencanaan dan pengembangan ekonomi masyarakat.

“Program kita itu memanfaatkan apa yang sudah ada dan di sana ada embung yang awalnya digunakan untuk pencegahan karhutla, tetapi kita mencoba mendapatkan nilai lebih dari embung yang sudah ada itu dan juga untuk memberikan pemasukan tambahan untuk Masyarakat sekitar dengan pengembangan pariwisata dan kami masih ada pengembangan-pengembangan lebih lanjut di embung tersebut,” kata Afdal selaku Acting Communication Manager Petrochina International.

Dalam pengembangan kawasan Embung Muntialo atau Wisata Embung Bina Lestari Muntialo, perusahaan distribusi migas ini berfokus pada tiga hal. Pertama adalah edukasi untuk pengenalan fungsi embung, pencegahan karhutla, dan kesadaran lingkungan. Selanjutnya, sebagai konservasi air dan keanekaragaman hayati, dan yang terakhir yaitu tempat wisata guna mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

Tak main-main, PetroChina juga memiliki Roadmap Program Pengembangan Wisata Embung Muntialo dengan empat tahapan pelaksanaan pembangunan yang akan dilakukan sejak 2021 sampai 2024 mendatang. Di mana pada tahap I dimulai dengan pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis), pemberian pelatihan K3 mengenai Karhutla, dan perbaikan amenitas dasar. Pokdarwis sendiri terdiri dari pemuda sekitar kawasan Embung Muntialo.

Di masa peralihan dari tahap I menuju tahap II, PetroChina melakukan pengembangan lintas sektoral Embung Muntialo. Adapun fungsinya sebagai penanganan, edukasi kebencanaan, dan pengembangan ekonomi.
Kembangkan Ekowisata di Jambi, PetroChina Jabung Sabet Piala Indonesia Awards 2023

Progress pengembangan wisata Embung Muntialo. (Foto: dok PetroChina International Jabung)

Kemudian pada tahap II, PetroChina melakukan penguatan SDM wisata, sosialisasi CHSE, peningkatan atraksi wisata, penghijauan, dan pengelolaan sampah. Dilanjutkan dengan fokus pengembangan sarana berupa penataan taman dan area parkir, revitalisasi sarana penunjang, dan pembangunan penangkaran rusa yang menjadi tahap ketiga pada roadmap tersebut.

Pada tahap terakhir atau keempat yang direncanakan pada 2024 mendatang, diharapkan wisata Embung Muntialo telah mandiri, mulai melakukan transisi penggunaan energi bersih, dan pengurangan limbah di lokasi wisata.

Pengembangan yang dilakukan oleh PetroChina International Jabung ini sudah mulai terlihat. Hal ini ditandai dengan semakin lengkapnya sarana yang tersedia, seperti tempat pertemuan, saung, wahana perahu goes atau yang dikenal dengan bebek-bebekan, lapangan futsal, sampai tempat kuliner. Tidak hanya pembangunannya saja, namun ekonomi di kawasan embung juga turut meningkat, di antaranya pendapatan asli desa yang bisa mencapai Rp2.000.000 pada 2022 dengan target berikutnya dapat meningkat menjadi Rp10.000.000 di akhir 2023, sampai adanya penyerapan tenaga kerja.

Embung Muntialo juga menyediakan gerai UMKM sebagai sarana promosi yang saat ini telah menjadi salah satu sumber pendapatan. Lalu, beberapa anggota Pordakwis pun telah mendapatkan sertifikasi keahlian. Upaya yang dilakukan oleh PetroChina International Jabung semakin terasa dengan meningkatnya jumlah pengunjung dan pendapatan wilayah sekitar Embung Muntialo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)