Terungkap Alasan Cewek Pilih Shopee, Cowok Lebih Suka Tokopedia

Jum'at, 01 September 2023 - 18:06 WIB
loading...
Terungkap Alasan Cewek Pilih Shopee, Cowok Lebih Suka Tokopedia
Perbedaan pilihan belanja antara laki-laki dan perempuan di Tokopedia dan Shopee. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Perbedaan pilihan belanja antara laki-laki dan perempuan di Tokopedia dan Shopee cukup mencolok. Berdasarkan laporan Snapcart, sebanyak 77% dari responden perempuan cenderung lebih memilih Shopee sebagai platform belanja dibandingkan laki-laki 52%.

Sebaliknya, sekitar 22% dari responden laki-laki cenderung memilih Tokopedia, sementara hanya 9% dari perempuan. Alasan utama perempuan memilih Shopee adalah keragaman produk fashion dan perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan perempuan.



Sedangkan Tokopedia lebih fokus pada penjualan gadget, otomotif, dan barang elektronik yang lebih menarik bagi laki-laki. Tampilan platform juga memiliki pengaruh dalam preferensi belanja. Tampilan berwarna oranye dan memiliki nuansa feminin pada Shopee menarik perempuan, sementara tampilan minimalis dan simpel yang dimiliki Tokopedia lebih disenangi laki-laki.

Tak hanya itu, kepiawaian Shopee dalam menghadirkan berbagai fitur membuat para wanita terpana, seperti fitur gratis ongkir, cash on demand (COD) sebagai opsi pembayaran. Shopee juga menawarkan cashback dan voucher, Shopee Coin, Shopee Pay, Shopee PayLater sebagai alat pembayaran alternatif dan Shopee Game, sebuah fitur di mana bisa bermain berbagai game untuk menambah koin dan mendapatkan rewards seperti smartphone, voucher belanja dan sebagainnya. Ada juga bertanam pohon dan goyang Shopee untuk mendapatkan recehan koin cashback.

Berbanding terbalik dengan kebanyakan laki-laki. Alasan mereka memilih Tokopedia sebagai marketplace andalan adalah karena user interface (UI) yang sederhana, bersih, mudah dipahami, tidak banyak visual berlebih, dan tidak banyak iming-iming promo seperti Shopee. Hal itu justru membuat transaksi pembelian berjalan lebih cepat. Dan itu memang perangai laki-laki yang cenderung satset, cepat, dan simpel.



Alur belanja laki-laki cukup sederhana dengan membuka e-commerce mencari barang yang ingin dibeli, cek harga, cek spesifikasi dan review kemudian cocok langsung bayar. Fitur lucu dan promo menarik bukan parameter utama pria. Terkait masalah kemudahan memperoleh gratis ongkir, Tokopedia juga memastikan kita mendapatkan gratis ongkir setiap pembelian.

Di sisi kinerja, Shopee mencatatkan pertumbuhan pendapatan kuartal pertama tahun ini sebesar 36,3% secara tahunan atau year on year (yoy). Kinerja Shopee selama Januari–Maret mencatatkan pendapatan layanan bernilai tambah, terutama terdiri dari pendapatan terkait dengan layanan logistik, naik 32,6% yoy menjadi USD700 juta.

Pendapatan pasar inti terdiri dari biaya berbasis transaksi dan pendapatan iklan, naik 54,3% yoy menjadi USD1,2 miliar. Pendapatan GAAP naik 36,3% yoy menjadi USD2,1 miliar dan laba perusahaan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi atau EBITDA yang disesuaikan naik dari negatif USD742,8 juta pada kuartal I 2022 menjadi USD207,7 juta.

Sedangkan pendapatan Tokopedia naik 21%. Pltaform belanja bernuansa hijau ini mencatatkan pendapatan bruto naik 21% menjadi Rp2,26 triliun, GTV naik 3,6% menjadi Rp62,8 triliun dan EBITDA yang disesuaikan naik 75% sebagai persentase GTV e-commerce.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)