Butuh Investasi, Xanana Gusmao Ungkap Alasan Timor Leste Gabung ASEAN

Senin, 04 September 2023 - 11:51 WIB
loading...
Butuh Investasi, Xanana Gusmao Ungkap Alasan Timor Leste Gabung ASEAN
Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perdana Menteri Timor Leste , Xanana Gusmao mengungkapkan investasi menjadi alasan negara tersebut gabung menjadi anggota baru ASEAN . Dia menyebut investasi sebagai pendorong penting ekonomi sebuah negara.

"Menarik investasi asing langsung sangat penting untuk menumbuhkan perekonomian Timor Leste, menciptakan lapangan kerja, dan untuk memodernisasi serta mentransformasi struktur dari bangsa kami," ungkap Xanana dalam ASEAN Business and Investment Summit 2023 di Jakarta, Senin (4/9/2023).

Dia mengatakan ASEAN adalah sebuah pusat kekuatan ekonomi yang mentransformasi Asia Tenggara mencapai USD2,3 triliun dengan kekuatan mencapai 600 miliar orang. Keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN diharapkan akan meningkatkan bisnis dan mampu secara langsung juga mengundang investor asing dengan memberikan keyakinan dan kepastian berinvestasi.



Dia menyampaikan Timor Leste ingin tumbuh dan berkembang bersama-sama adengan kelompok ASEAN. Hal itu diyakini akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini akan membantu kami meningkatkan kekayaan modal kami, harapan hidup, dan menyelamatkan jutaan penduduk dari kemiskinan. Dengan kesuksesan ASEAN dan persatuannya, mungkin kesannya mudah untuk melupakan bahwa negara-negara di Asia Tenggara ini pernah terkolonisasi dan mengalami imbas dari Perang Dingin," tambah Xanana.



Penderitaan di bawah perang proksi dan perang dingin, mendorong kawasan Asia Tenggara untuk tidak memilih pihak manapun di situasi geostrategis saat ini, dimana ada persaingan dari kuasa-kuasa besar di dunia.

"Penting bagi kita untuk menyadari seberapa signifikannya kehadiran ASEAN di dunia internasional, dengan kesuksesan dan stabilitasnya untuk membangun, bangkit dari kerentanan dan konflik," jelas Xanana.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)