Soal Tanggal Peresmian Kereta Cepat, Luhut: Launching Ya Anytime

Rabu, 06 September 2023 - 19:34 WIB
loading...
Soal Tanggal Peresmian Kereta Cepat, Luhut: Launching Ya Anytime
Peresmian KCJB belum bisa dipastikan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung ( KCJB ) akan diresmikan setelah masyarakat Indonesia dapat menjajal kereta cepat secara gratis. Soal peresmian itu, kata Luhut, sesuai arahan Presiden Jokowi yang menginginkan agar masyarakat di sepanjang jalur kereta cepat dapat terlebih dahulu menjajal secara gratis.



Terkait dengan tanggal kepastiannya, Luhut mengatakan bahwa peresmian bisa kapan saja. Dalam artian jadwal yang sudah direncanakan yakni 1 Oktober 2023 bisa saja mundur, dan bisa maju.

"Launching ya anytime. Tapi Presiden ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat di sepanjang jalur (untuk jajal kereta cepat)," kata Luhut saat ditemui di Stasiun Halim Jakarta usai mendampingi Perdana Menteri China Li Qiang menjajal KCJB, Rabu (6/9/2023).

Luhut menambahkan Li Qiang sangat senang sudah bisa menjajal kereta cepat. Rute yang dilakukan kegiatan itu dari Stasiun Halim-Karawang-Halim. Luhut menyebutkan bahwa dari Stasiun Halim ke Stasiun Karawang hanya membutuhkan waktu 11 menit. Bila dihitung pulang pergi maka hanya butuh waktu 22 menit.

"PM Li Qiang sangat happy dengan uji coba. Beliau uji coba selama 11 menit ke karawang dan kembali kemari," katanya Luhut saat ditemui di Stasiun Halim Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Luhut mengungkapkan bahwa dalam uji coba tersebut berjalan dengan mulus dan lancar. Dalam uji coba tersebut kecepatan kereta yang dijalankan 340km/jam.



"Saya kira sangat mulus, kita lari 340km/jam dan itu sangat baik," katanya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)