Bukan Cuma Diet, Ini Sederet Keunggulan Beras Hitam

Jum'at, 08 September 2023 - 11:17 WIB
loading...
Bukan Cuma Diet, Ini Sederet Keunggulan Beras Hitam
Dapatkan beras hitam dari Beras Keluarga Bijak (BKB) di AladinMall. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masih asing dengan beras hitam? Ya, sesuai namanya, beras ini memang berwarna hitam. Biasanya, beras hitam ini banyak dicari oleh orang-orang yang sedang menjalankan diet.

Dahulu, beras hitam biasa dikonsumsi sebagai makanan sehat di China. Namun, hanya kalangan tertentu saja seperti bangsawan yang boleh mengonsumsinya. Makanya, ada sebutan 'beras terlarang' atau 'forbidden rice' untuk beras hitam ini.

Di sisi lain, beras hitam ternyata memiliki banyak keunggulan yang lebih baik dibanding beras merah dan beras putih. Mau tahu apa saja kelebihannya? Simak artikel ini ya!

5 Keunggulan Beras Hitam

1. Memiliki Antioksidan yang Tinggi

Beras hitam memiliki kadar antioksidan berupa antosianin (anthocyanin) yang larut dalam air. Kandungan senyawa antioksidan dalam tubuh berfungsi melindungi sel-sel dengan mengikat radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh.

2. Kadar Karbohidrat yang Lebih Rendah

Beras hitam memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah dari beras biasa dengan kandungan zat besinya yang cukup tinggi. Iptek modern membuktikan kekayaan beras hitam akan kandungan vitamin, mineral dan antioksidan.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Beras hitam memiliki khasiat yang lebih baik dibanding beras merah dan beras putih. Pangan yang belum sepopuler beras putih ini berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, memperbaiki kerusakan sel hati, mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker/tumor, memperlambat penuaan, sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, diabetes mellitus dan mencegah anemia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)