Mengenal OECD, Indonesia Ngebet Ingin Jadi Anggotanya

Minggu, 10 September 2023 - 15:25 WIB
loading...
A A A
Selanjutnya, melakukan pemberdayaan kapasitas, di mana organisasi ini memberikan bantuan teknis dan program pemberdayaan kapasitas untuk membantu negara-negara berkembang dan negara-negara yang sedang muncul menguatkan kerangka kebijakan dan institusi mereka. OECD juga memainkan peran penting dalam memfasilitasi kerja sama internasional dan dialog di antara negara-negara anggotanya untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan warga mereka, dan mengatasi tantangan global.

Meski belum menjadi anggota OECD, hubungan kerja sama Indonesia dan organisasi internasional tersebut terbilang sangat baik. Pada awal tahun ini, Sri Mulyani sudah melakukan pertemuan bilateral dengan Secretary General OECD, Mathias Cormann, saat mendiskusikan beberapa agenda prioritas Indonesia dan ASEAN di dalam jalur keuangan G20.

Sebagai mitra, OECD terbilang telah banyak memberikan bantuan untuk Indonesia. Misalnya dengan mendukung Presidensi G20 Indonesia tahun lalu. Indonesia dan OECD pun telah melakukan sejumlah kerja sama di beberapa bidang, semisal fiskal; pendidikan; kebijakan ekonomi dan keuangan; perlindungan lingkungan; kebijakan sosial; inovasi dan pembangunan ekonomi; dan tata kelola perusahaan dan anti-penyuapan.

Kerja sama di berbagai bidang ini amat membantu Indonesia dengan memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan dari negara-negara anggota OECD dalam mengatasi berbagai tantangan pembangunan ekonomi dan sosial. Melalui kerja sama ini Indonesia dapat memperbaiki kebijakan dan praktiknya agar lebih sesuai dengan standar internasional.
(fjo)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)