Indonesia Tegaskan Komitmen Terhadap Isu-isu Utama KTT G20

Minggu, 10 September 2023 - 19:01 WIB
loading...
Indonesia Tegaskan Komitmen Terhadap Isu-isu Utama KTT G20
Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen Indonesia terhadap isu-isu utama yang dibahas dalam KTT G20 di New Delhi, India. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmen Indonesia terhadap sejumlah isu utama yang dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di New Delhi, India. Ketegasan Kepala Negara tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.



Menkeu menyebutkan, komitmen Indonesia terutama pada isu partisipasi negara berkembang dalam rantai pasok (supply chain) global solid. Indonesia menegaskan bahwa anggota G20 harus mendukung hal ini. Komitmen juga disampaikan atas penciptaan ekosistem kerja sama yang setara dan inklusif.

"Komitmen Presiden solid. G20 harus mendukung partisipasi negara berkembang dalam rantai pasok global, juga mendorong ekosistem kerja sama yang setara dan inklusif," ujar Sri Mulyani, Minggu (10/9/2023).

Pada sesi kedua KTT G20, jelas Sri Mulyani, Presiden Jokowi juga menekankan komitmen dan harapan Indonesia agar dunia bisa menjadi satu keluarga yang saling membangun dan menciptakan kehidupan yang damai. Untuk mendorong isu solidaritas tersebut, Jokowi juga menekan jika sektor kesehatan semakin diperkuat.



Hal ini sejalan dengan hasil KTT G20 yang dilaksanakan di Bali, Indonesia, pada 2022 lalu. Di mana, negara anggota G20 menyepakati pembentukan Dana Pandemi (Pandemic Fund) yang dapat dimobilisasi sebagai langkah konkrit untuk menangani krisis kesehatan secara global.

Sri Mulyani menuturkan jika Jokowi menegaskan perlunya kesetaraan untuk menciptakan dunia yang damai.Sebagai forum premier kerja sama ekonomi, Jokowi menegaskan bahwa G20 harus menjadikan solidaritas sebagai roh kerja sama G20. Dengan kondisi global yang semakin terpolarisasi, G20 harus bergerak untuk mengakhiri dikotomi utara-selatan, maju-berkembang, maupun timur-barat. "Pintu dialog dan kerja sama harus terbuka bagi seluruh negara," tegas Jokowi.

Hari ini adalah hari terakhir agenda KTT G20 yang diselenggarakan di New Delhi, India. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi dijadwalkan pulang ke Tanah Air pada hari ini pula.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)