Presiden Jokowi Undang Italia Tanamkan Investasi Hijau di IKN

Minggu, 10 September 2023 - 20:00 WIB
loading...
Presiden Jokowi Undang Italia Tanamkan Investasi Hijau di IKN
Presiden Joko Widodo dan PM Italia Giorgia Meloni dalam pertemuan bilateral di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, Minggu (10/9/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Italia Giorgia Meloni mengadakan pertemuan bilateral di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, pada Minggu (10/9/2023). Dalam pertemuan tersebut, Kepala Negara mengapresiasi kerja sama dan investasi Italia di Indonesia selama ini.



Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyambut baik peningkatan investasi Italia di Indonesia. Presiden antara lain menyebut peresmian pabrik Piaggio di Indonesia tahun lalu. Kepala Negara juga mengundang PM Meloni untuk terlibat dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan infrastruktur hijau.

"Saya undang Italia untuk ikut mengembangkan ekosistem EV, infrastruktur hijau dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN)," ungkap Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas komitmen Italia dalam skema Just Energy Transition Partnership (JETP) dan berharap komitmen tersebut dapat segera diwujudkan dalam waktu dekat. "Saya harap komitmen segera diimplementasikan karena dukungan mobilisasi pendanaan adalah elemen penting transisi energi," kata Presiden.



Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 20 menit tersebut, Presiden Jokowi juga meminta dukungan PM Meloni atas keanggotaan Indonesia di Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). Seperti diketahui, Indonesia tengah dalam proses untuk menjadi bagian dari organisasi tersebut.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan Indonesia-Italia tersebut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)