alexa snippet

Ekonomi RI Kuartal I/2017 Diproyeksi Tumbuh 5,1%

Ekonomi RI Kuartal I/2017 Diproyeksi Tumbuh 5,1%
Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama tahun 2017 diperkirakan oleh Ekonom bakal lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama tahun 2017 diperkirakan oleh Ekonom dari Bank Permata Josua Pardede bakal lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Menurutnya hal ini terutama karena mendapatkan dorongan dari pelaksanaan pilkada serentak di seluruh Indonesia pada tahun ini.

Pilkada serentak tahun ini cukup membawa dampak ke konsumsi rumah tangga yang diyakini meningkat. Maka, Josua memprediksi, untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I 2017 rangenya akan berada di kisaran 5,0-5,1%.

“Rangenya di angka itu, batas bawahnya di 5,0%. Karena ini terbantu sama kegiatan pilkada serentak di seluruh Indonesia. Bahkan juga ada yang sampai dua putaran seperti di DKI,” kata dia kepada Sindonews, Jakarta, Rabu (19/4/2017).

Dia menambahkan, faktor lain yang menunjang, meskipun dari sisi investasi belum begitu besar, dan harga komoditas yang bagus. Namun dari sisi investasi non bangunan jika dilihat indikasinya, penjualan alat berat, terkait komoditas, kondisinya cukup baik di kuartal pertama tahun ini.

“Namun dari segi investasi bangunannya, masih belum begitu besar. Ini terkonfirmasi juga dengan penyerapan belanja di kuartal I ini,” sambungnya.

Kemudian lanjut dia menerangkan, jika dilihat dari data Kementerian Keuangan, defisit APBN 2017 juga lebih rendah daripada kuartal I 2016. Kondisi tersebut terindikasi karena penyerapan anggaran lebih baik kondisinya. Namun bisa juga karena  penerimaan negara yang lebih besar dan tumbuh.

“Tapi kalo kita lihat juga, untuk belanjanya belum begitu besar terutama untuk belanja modal. Makannya, saya pikir kontribusi yang terbesar yakni dari konsumsi dan investasi. Berikutnya adalah nett ekspor, harapannya akan menyumbang sumber pertumbuhan juga,” pungkasnya.



(akr)
loading gif
Top