400.000 Ton Beras Akan Tiba di RI, Buwas: Kita Tidak Impor Lagi

Senin, 11 September 2023 - 18:29 WIB
loading...
400.000 Ton Beras Akan Tiba di RI, Buwas: Kita Tidak Impor Lagi
Perum Bulog telah melakukan kesepakatan impor beras dengan beberapa negara mitra, dimana 400.000 ton beras akan segera dikirimkan ke Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perum Bulog telah melakukan kesepakatan impor beras dengan beberapa negara mitra, dimana 400.000 ton beras akan segera dikirimkan ke Indonesia. Direktur Utama Bulog, Budi Waseso alias Buwas memastikan, kedatangan 400.000 ton beras merupakan tahap akhir dari penugasan impor 2 juta ton beras sepanjang tahun ini. Setelah itu, pihaknya tidak lagi melakukan pengadaan impor.

"Sudah selesai (impor). Saya rahasiakan (negara mitra), yang penting sudah selesai, berarti kita tidak impor lagi," ujar Buwas saat ditemui wartawan di gudang Bulog DKI Jakarta dan Banten, Senin (11/9/2023).



Menurutnya, kebijakan mendatangkan beras dari luar negeri merupakan keputusan pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas). Sementara itu, Bulog pada posisi menjalankan penugasan yang diberikan pemerintah.



Saat dikonfirmasi soal urgensi atas kebutuhan pangan dasar tersebut, apakah Bulog tetap mengimpor beras? Buwas menegaskan hal itu menjadi keputusan Badan Pangan Nasional. "Yah bukan urusan saya, tanya Pak Arief (Kepala Bapanas," ucapnya.

Dia menegaskan impor beras dilakukan guna memenuhi kebutuhan di dalam negeri hingga menjaga harga beras di tingkat konsumen.

Sebelumnya Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi menyebut, sepanjang semester dua tahun ini produksi di tingkat petani menurun signifikan. Untuk itu diperlukan impor 400.000 ton beras demi meningkatkan cadangan beras pemerintah (CBP).

Tercatat, hingga akhir Agustus realisasi atas impor beras mencapai 1,6 juta ton. Jika, ditambah dengan 400.000 ton, maka total stok beras di gudang Bulog mencapai 2 juta ton.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)