Ramalan Erick Thohir Soal Kapan Indonesia Jadi Negara Maju

Selasa, 12 September 2023 - 18:31 WIB
loading...
Ramalan Erick Thohir Soal Kapan Indonesia Jadi Negara Maju
Erick Thohir mencatat, 46% dari total penduduk Indonesia berusia di bawah 30 tahun. Bahkan, dia memastikan anak muda 20-21 tahun akan memegang tonggak kepemimpinan bangsa pada 2038 mendatang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperkirakan Indonesia menjadi negara maju pada 2038. Asumsi itu didasarkan pada target pertumbuhan makro ekonomi nasional yang konsisten tumbuh di posisi 5%.



Asumsi lain adalah usia produktif mendominasi total jumlah penduduk Indonesia saat ini. Erick mencatat, 46% dari total penduduk Indonesia berusia di bawah 30 tahun. Bahkan, dia memastikan anak muda dengan usia 20-21 tahun akan memegang tonggak kepemimpinan bangsa pada 2038 mendatang.

"2038 kita sudah menjadi negara maju. Anak-anak Indonesia pada saat itu sudah menjadi kekuatan utama bangsa kita. Mereka yang hari ini usianya 20-21 tahun ke depan akan menjadi kita seperti hari ini (pemimpin)," ujar Erick Thohir melalui video pendek di akun Instagramnya, Selasa (12/9/2023).



Pada periode 2038, Indonesia diprediksi menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Sementara. "Kita menjadi negara yang baik dan menjadi pusat pertumbuhan (ekonomi dunia) dunia," ucapnya.

Erick sebelumnya menyatakan pada 2045, Indonesia mampu memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi negara berkembang. Pasalnya, Indonesia akan memegang peran penting dalam ekosistem rantai pasok alias supply chain dunia.

"Kita akan menjadi salah satu center pertumbuhan ekonomi dunia, karena kita ingin menjadi bagian supply chain dunia, yang ini sangat penting untuk negara lain yang ekonominya sedang melambat," kata dia.

Menurutnya, tumbuhnya makro ekonomi nasional saat ini bak China di tahun 80-an. Kala itu, Republik Rakyat Tiongkok mengalami kebangkitan ekonomi yang signifikan, sehingga kawasan itu berhasil menjadi pusat ekonomi global sampai saat ini.

Mengikuti jejak China, saatnya Indonesia bangkit berdiri. Berbagai target dan strategi ditempuh pemerintah untuk bisa merealisasikan ambisi tersebut.

Sejalan dengan target tersebut, pemerintah juga mengupayakan agar kelas ekonomi menengah atas (middle class) di Tanah Air bisa mencapai 223 juta dari total penduduk Indonesia sebesar 318 juta orang pada 2045 mendatang.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)