Waspada Uang Mutilasi: 5 Cara Cek Keaslian Uang Anda

Rabu, 13 September 2023 - 12:57 WIB
loading...
Waspada Uang Mutilasi: 5 Cara Cek Keaslian Uang Anda
MNC Bank mendukung gerakan non-tunai yang digencarkan BI. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sekarang ini, ada banyak berita heboh tentang uang rusak di media sosial. Uang rusak ini disebut "uang mutilasi," yakni uang asli yang sengaja dirusak, entah itu dipotong, disobek, atau bahkan digabungkan dengan uang palsu.




Bank Indonesia ( BI ) telah memberi peringatan kepada kita semua untuk berhati-hati terhadap uang mutilasi ini. Yang perlu diingat, uang yang sudah mengalami mutilasi ini tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran, ya. Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa membantu kita agar tidak tertipu oleh uang mutilasi:

1. Periksa Keaslian Uang
Sebelum menerima uang, pastikan dulu bahwa uang tersebut adalah uang asli. Caranya mudah, cukup lihat, raba, dan terawang.

2. Perhatikan Nomor Seri Uang
Setiap lembar uang punya nomor seri yang unik. Pastikan nomor seri pada semua lembar uang itu sama.

3. Hindari Menerima Uang yang Rusak Parah
Uang yang sudah sangat rusak, seperti sobek atau terpotong lebih dari 50%, biasanya tidak bisa ditukarkan di bank.

4. Laporkan ke BI Jika Menemukan Uang Mutilasi
Kalau kamu menemukan uang yang rusak parah atau dicurigai sebagai uang mutilasi, segera laporkan ke BI. Mereka akan memeriksanya dan bisa ditukarkan jika terbukti asli.

Chief Digital Business Officer MNC Bank Yudistira Ardhi Prastono menyampaikan, “BI sudah mengingatkan kita tentang bahaya uang mutilasi dan uang palsu. Mereka juga memberi saran agar kita waspada, tetapi kita juga bisa mengambil langkah-langkah lebih maju dengan menggunakan layanan perbankan modern untuk bertransaksi keuangan. Sekarang ini kan sudah ada metode pembayaran QRIS yang lebih aman dan cepat. Itu semua aplikasi keuangan seharusnya sudah punya ya fiturnya, termasuk di MotionBank sebagai aplikasi layanan perbankan digital dari MNC Bank”.

Yudistira kemudian menyampaikan sejumlah alasan mengapa beralih ke layanan digital seperti MotionBank bisa menjadi solusi yang terbaik:

1. Keamanan
Dengan MotionBank, uang kita aman di dalam akun elektronik yang dilindungi oleh berbagai lapisan keamanan. Kita juga tidak perlu khawatir tentang uang rusak atau palsu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)