Masyarakat Dipastikan Bisa Jajal Kereta Cepat Gratis Sebelum Diresmikan Awal Oktober 2023

Rabu, 13 September 2023 - 19:57 WIB
loading...
Masyarakat Dipastikan Bisa Jajal Kereta Cepat Gratis Sebelum Diresmikan Awal Oktober 2023
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan masyarakat akan tetap dapat menikmati uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung secara gratis. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) direncanakan akan beroperasi secara komersial pada 1 Oktober 2023, mendatang. Sebelum beroperasi secara komersial kereta cepat akan terlebih dahulu digratiskan untuk masyarakat.



Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) memastikan masyarakat akan tetap dapat menikmati uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung secara gratis. "Tetap (uji coba buat masyarakat) biar orang mencoba, masyarakat mencoba," kata Jokowi di Stasiun Padalarang, Rabu (13/9/2023).

Meski begitu, hingga kini rencana uji coba untuk masyarakat masih belum ada kepastiaan kapan tanggal keberangkatannya. Pasalnya jika melihat tanggal peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung tinggal dua minggu lagi.



Sementara sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa uji coba untuk masyarakat akan dilaksanakan setelah Presiden Jokowi jajal kereta cepat.

"(Uji coba untuk masyarakat) nanti setelah Presiden ya. Mungkin setelah Presiden pulang dari India, setelah itu," kata Menhub usai Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Terpisah, Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi juga menerangkan, bahwa terkait dengan uji coba untuk masyarakat, pihaknya akan mengikuti arahan dari Kementerian Perhubungan.

"Uji coba gratis masyarakat kembali ikutin regulasi dari Kemenhub, kita sementara ini masih mengundang BUMN terbatas, baru masyarakat, baru Commercial Operation Date (COD)," katanya di Stasiun Halim, Rabu (13/9/2023).

Sementara itu, General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengaku, pihaknya tengah melakukan pendataan warga di sekitar jalur dari wilayah Jakarta, Bekasi, Karawang, Purwakarta, hingga ke Bandung.

"Kemudian ada pengajuan invitation dari berbagai instansi dan lain-lain nanti pasti ada yang kita pastikan akan ada kuota masyarakat untuk melakukan pendaftaran secara mandiri," kata Eva saat ditemui minggu lalu di Stasiun Halim.

Adapun terkait dengan masyarakat umum, Eva mengatakan pihaknya nanti akan membuka pendaftaran melalui situs resmi KCIC. "Informasinya akan segera kita umumkan, yang pasti tidak akan sulit untuk melakukan registrasinya," katanya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)