Menhub Jamin Izin Operasional Kereta Cepat Selesai Satu Minggu lagi

Rabu, 13 September 2023 - 17:29 WIB
loading...
Menhub Jamin Izin Operasional Kereta Cepat Selesai Satu Minggu lagi
Izin operasional kereta cepat Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ternyata masih juga belum keluar, meski hari ini kereta cepat sudah dijajal oleh Presiden, begini kata Menhub Budi Karya Sumadi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Izin operasional kereta cepat Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ternyata masih juga belum keluar, meski hari ini kereta cepat sudah dijajal oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Terkait hal itu, Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi memastikan, izin operasional Kereta Cepat akan selesai satu minggu lagi.

"Target di awal bulan sudah bisa jalan. Sertifikat izin operasi dari KCJB diharapkan bisa selesai dalam satu minggu ke depan," katanya saat mendampingi Jokowi dalam uji coba Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) , Rabu (13/9/2023).



Menhub juga menerangkan, bahwa untuk pembangunan trase KCJB semua sudah mencapai 100%, sementara untuk stasiun, tiga dari empat stasiun sudah rampung. Sementara, total panjang trase proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung mencapai 142,3 km yang dimulai dari Stasiun Halim hingga Stasiun Tegalluar.



Trase tersebut terbagi antara lain jembatan sepanjang 82,7 km, tanah timbunan 42,7 km, terowongan 16,8 km dan jalan rel sepanjang 142,3 km. Dipastikan seluruh trase telah 100% diselesaikan pembangunannya.

Uji coba dilakukan dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang dan dilanjutkan dengan menaiki feeder ke Stasiun Bandung. Sementara itu Presiden menargetkan peresmian kereta cepat dapat dilakukan pada awal bulan Oktober.

Sedangkan soal tarif kereta cepat, Presiden memastikan tidak ada subsidi untuk penjualan tiket kereta cepat. Sejalan dengan Presiden, Menhub berharap kereta cepat dapat mulai dioperasikan pada awal Oktober. Adapun sebelum dioperasikan masyarakat juga akan diberikan kesempatan untuk melakukan uji coba gratis kereta cepat.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)