Uji Coba Gratis Kereta Cepat Dimulai Hari Ini, Warga Sekitar Buruan Daftar

Jum'at, 15 September 2023 - 16:14 WIB
loading...
Uji Coba Gratis Kereta Cepat Dimulai Hari Ini, Warga Sekitar Buruan Daftar
PT KCIC resmi melakukan uji coba operasional kereta cepat Jakarta-Bandung dengan penumpang tidak berbayar alias gratis mulai hari ini, Jumat (15/9/2023). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) resmi melakukan uji coba operasional kereta cepat Jakarta-Bandung dengan penumpang tidak berbayar alias gratis mulai hari ini, Jumat (15/9/2023). Uji coba Kereta Api Cepat (KA Cepat) dilakukan setelah izin dari Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) keluar.



Adapun keterlibatan masyarakat yang merupakan bagian dari uji coba KA Cepat ini akan terus dilakukan hingga 30 September 2023. Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, untuk tahap awal, masyarakat yang diutamakan dapat mengikuti kegiatan uji coba ini adalah warga yang tinggal di sekitar jalur lintas KA Cepat.



Hal tersebut dilakukan untuk memberikan apresiasi KCIC atas peran serta masyarakat sekitar jalur yang selama ini memberikan dukungan hingga proses pembangunan KA cepat berjalan lancar.

"Kesempatan pada masyarakat umum untuk mencoba dan merasakan sensasi naik KA Cepat pertama di Asia Tenggara ini dapat dilakukan secara mandiri melalui website resmi KCIC yang dapat dilakukan mulai Sabtu 16 September 2023," kata Eva dalam keterangannya, Jumat (15/9/2023).

Pada proses uji coba penumpang tidak berbayar tersebut, Eva menyampaikan bahwa setiap harinya akan terdapat 4 jadwal keberangkatan dengan mekanisme setiap penumpang akan mendapatkan perjalanan pulang pergi (PP) Halim - Tegalluar dan sebaliknya, Sehingga secara total setiap hari nya terdapat 8 perjalanan KA Cepat.

"Selama masa ujicoba setiap harinya akan terdapat sekitar 2.200 ketersediaan tempat duduk," ungkap Eva.

Sambung Eva menjelaskan, saat ini melalui pendataan terdapat 98 desa/kelurahan dari 32 kecamatan yang tersebar di 9 kota/kabupaten di sepanjang jalur KA Cepat. "Warga tersebut melakukan pendaftaran melalui kecamatan setempat dan secara bergiliran akan mencoba perjalanan dengan kereta cepat melalui pengaturan keberangkatan secara khusus," tuturnya.

Sementara bagi warga umum yang ingin mencoba KA Cepat bisa mengakses informasi link terkait pendaftaran uji coba yang akan diumumkan secara resmi melalui saluran informasi resmi KCIC salah satunya akun resmi @keretacepat_ID.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)