5 Jalan Tol Proyek Strategis Nasional yang Rampung dalam 8 Tahun

Sabtu, 16 September 2023 - 12:15 WIB
loading...
5 Jalan Tol Proyek Strategis Nasional yang Rampung dalam 8 Tahun
Tol Cijago Seksi 3 B siap sudah digunakan. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Pemerintah tengah mengupayakan pertumbuhan ekonomi secara merata melalui percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, salah satunya melalui Proyek Strategis Nasional ( PSN ). PSN juga dirancang dengan prioritas pada pembangunan infrastruktur yang diharapkan dapat menciptakan efek domino bagi pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan.



Presiden Jokowi dalam arahannya pada acara Sewindu PSN beberapa waktu lalu mengatakan, kehadiran infrastruktur PSN telah mendongkrak daya saing Indonesia di level internasional. Keberhasilan itu terlihat dari naiknya peringkat daya saing Indonesia dalam IMD World Competitiveness Index dari peringkat 44 ke peringkat 34 pada tahun 2022.

"PSN bertujuan memberi manfaat bagi rakyat, bukan menderitakan masyarakat. Sehingga dalam delapan tahun terakhir telah diselesaikan sebanyak 161 PSN dan menyerap tenaga kerja 11 juta orang," kata Presiden dikutip, Sabtu (16/9/2023).

Hingga kuartal III tahun 2023, Kementerian Pekrjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyelesaikan pembangunan lima Jalan Tol yang masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) dan beberapa sudah beroperasi, di antaranya :

1. Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 & 6
Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 & 6 (Blang Bintang – Baitussalam) memiliki panjang 12,7 km yang merupakan salah satu ruas utama (backbone) jaringan jalan Tol Trans Sumatera yang dikelola oleh BUJT PT Hutama Karya (Persero).

Seksi 5 & 6 Jalan Tol Sigli-Banda sudah beroperasi sejak Juni 2023 menyusul Seksi 2-4 (Seulimeum-Blang Bintang) sepanjang 35,8 Km yang sudah beroperasi terlebih dahulu.

2. Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi 1
Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim seksi 1 (Sp. Indralaya - Prabumulih) sepanjang 64,5 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) telah selesai konstruksinya dan sudah beroperasi sejak Agustus 2023. Ruas tol ini dikelola oleh BUJT PT Hutama Karya (Persero).

Keberadaan jalan tol ini selain dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumatra Selatan. Juga dapat memangkas waktu kurang lebih 1 jam dari Palembang menuju Prabumulih yang apabila melewati jalan arteri bisa mencapai 2 jam lebih.

3. Serpong - Cinere Seksi 2
Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 (Pamulang IC-Cinere IC) dengan panjang 3,64 Km merupakan bagian dari jaringan jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang telah selesai konstruksinya dikelola oleh BUJT PT Cinere Serpong Jaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)